About

Information

Sabtu, 30 Maret 2013

Museum Keraton Yogyakarta Dipadati Wisatawan

Sabtu, 30 Maret 2013 - 09:22:20 WIB
Museum Keraton Yogyakarta Dipadati Wisatawan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Yogyakarta) - Museum Pagelaran dan Siti Hinggil Keraton Ngayogyakarta Hadiningkrat pada hari libur Paskah, Jumat (29/03) dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Hari ini kami terpaksa memperpanjang jam operasi yang seharusnya hanya sampai jam 14.00 WIB kami sesuaikan dengan pengunjung yang masih berdatangan. Kami batasi sampai jam 16.00 WIB," kata Tepas Keprajuritan Wisata Keraton Ngayogyakarta Hadiningkrat, Didik di Yogyakarta.

Dia mengatakan jumlah pengunjung hingga pukul 14.00 WIB telah mencapai 1.000 orang dengan pendapatan penjualan tiket mencapai Rp. 4 juta. Jumlah itu meningkat 50 persen dibandingkan jumlah pengunjung pada hari-hari biasa yang rata-rata mencapai 400 hingga 500 pengunjung per hari dengan rata-rata pendapatan penjualan tiket mencapai Rp. 900 ribu hingga Rp. 1 juta.

Selanjutnya, menurut Didik jumlah wisatawan masih akan semakin meningkat pada hari Sabtu dan Minggu mendatang yang diperkirakan mencapai 1.500 hingga 2.000 pengunjung. "Kalau Sabtu dan Minggu kemungkinan lebih banyak lagi dari hari ini, karena kebanyakan wisatawan untuk hari pertama libur biasanya baru berangkat," katanya.

Namun demikian, kata dia, untuk jumlah wisatawan mancanegara masih sedikit dengan jumlah hanya mencapai 44 orang atau 10 persen dari keseluruhan pengunjung. "Kalau wisatawan mancanegara, biasanya ramai pada bulan Agustus hingga Januari ," katanya.

Pengunjung yang datang pada hari ini bukan hanya berasal dari Pulau Jawa melainkan juga dari luar Jawa dengan kategori keluarga dan pelajar. "Mulai tahun 2011 pengunjung luar Jawa mulai gencar meminati wisata keraton utamanya dari Daerah Jambi, Sulawesi dan Kalimantan," katanya.

Hingga saat ini, tiket masuk masih dijual dengan harga Rp. 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 7.000 untuk wisatawan mancanegara. Museum Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki koleksi antara lain relief mengenai perjuangan Pangeran Mangkubumi, serta relief tentang perjuangan Sri Sultan Hamengku Buwono.

Selain itu, juga terdapat koleksi foto serta lukisan Sultan terdahulu, kereta, pakaian adat serta peralatan upacara dan tempat penobatan raja. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar