About

Information

Kamis, 28 Maret 2013

Wapres Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Agus Martowardojo

Kamis, 28 Maret 2013 - 11:48:44 WIB
Wapres Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Agus Martowardojo 
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Perbankan 


Komhukum (Nusa Dua) - Wakil Presiden Boediono mengucapkan selamat atas terpilihnya Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia melalui proses pemungutan suara di DPR yang berlangsung Selasa (26/03) malam.

Ucapan selamat itu disampaikan langsung Wakil Presiden Boediono kepada Agus Martowardojo di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/03), sebelum mengikuti rapat kabinet bersama Komite Ekonomi Nasional (KEN) yang dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Selamat ya," kata Wapres saat Agus Martowardojo menghampirinya di tempat duduknya yang terletak di samping Presiden Yudhoyono.

Keduanya kemudian terlihat bercakap-cakap sejenak sebelum kemudian Agus Martowardojo kembali ke kursinya dan peserta rapat menantikan kedatangan Presiden Yudhoyono.

Sebelumnya Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Firmansyah mengatakan bahwa masa jabatan Gubernur Bank Indonesia saat ini Darmin Nasution masih hingga Mei 2013 karena itu sejauh ini Menteri Keuangan masih menjalankan tugasnya seperti biasa.

"Jadi untuk sementara meskipun di DPR sudah, secara de facto Pak Agus bisa dikatakan, sebagai Gubernur BI, secara de jure kan belum dilantik," katanya.

Setelah sempat ditolak dalam uji kelayakan dan kepantasan menjadi Gubernur Bank Indonesia oleh Komisi IX DPR pada tahun 2008, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo akhirnya lima tahun kemudian disetujui DPR untuk menjadi nakhoda bank sentral Indonesia.

Komisi XI DPR pada Selasa malam melalui pemungutan suara memutuskan memilih Agus Martowardojo menjadi Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada tanggal 22 Mei mendatang.

Keputusan Komisi XI diambil setelah sebelumnya dilakukan rapat internal komisi yang berlangsung alot sejak Selasa siang hingga malam ini.

Agus yang masih menjabat Menteri Keuangan sebelumnya pada Senin (25/3) sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi XI yang juga berlangsung relatif cukup panjang sejak jam 10.00 WIB pagi hingga petang pukul 17.30 WIB.

Dari total 54 anggota Komisi XI yang datang mengikuti rapat internal Selasa malam, sebanyak 46 suara setuju memilih Agus, tujuh suara tidak setuju, dan satu suara abstain.

Terpilihnya Agus, sebenarnya sudah bisa diduga sejak awal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan calon tunggal Menkeu Agus sebagai calon Gubernur BI kepada DPR pada 22 Februari lalu.

Tanggapan sejumlah anggota DPR dan politisi pada saat itu kebanyakan bernada positif dengan berbagai argumen mendukung, seperti kemampuan dan pengalaman Agus sebagai bankir dan Menteri Keuangan sejak 2010 lalu, yang dinilai memiliki prestasi yang baik.

Wakil Presiden Boediono sebelum mencalonkan diri sebagai wakil presiden berpasangan dengan Presiden Yudhoyono pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar