About

Information

Selasa, 15 Januari 2013

Internasional, Selasa 15 Januari 2013

Selasa, 15 Januari 2013 - 01:01:05 WIB
Sidang Silvio Berlusconi Diteruskan
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Roma) - Majelis hakim di Milan memutuskan sidang atas mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi, dalam dakwaan berhubungan seks dengan perempuan di bawah umur, tidak bisa ditunda.

Mereka menolak permintaan Berlusconi agar sidang ditunda hingga berakhirnya pemilihan umum bulan depan dan Berlusconi akan kembali mencalonkan diri. Dengan demikian ada kemungkinan vonis atas kasus ini bisa diputuskan sebelum pemilihan umum, yang dikhawatirkan akan mempengaruhi perolehan suara Berlusconi.

Menurut hakim, alasan Berlusconi untuk tidak hadir di sidang karena harus mengikuti kampanye politik merupakan pilihan pribadi dan bukan kewajiban politik, yang bisa dijadikan alasan hukum untuk penundaan sidang. Bagaimanapun penari klub malam asal Maroko, Karima El Mahroug -yang sering disebut sebagai Ruby Sang Pencuri Hati- tidak perlu hadir lagi untuk menyampaikan bukti-bukti.

Dalam sidang Senin 14 Januari, pekerja seks komersial tersebut Klik akhirnya datang ke pengadilan untuk memberikan kesaksian setelah tidak hadir dalam dua sidang sebelumnya dengan alasan sedang berlibur di Meksiko.

Ketika berada di ruang sidang, Ruby tampak santai berbicara dengan pengacaranya. Dia mengenakan jaket hitam dengan sepatu bot merek Ugg yang terkenal dan tas tangan mewah Louis Vuitton. Walau sudah hadir di pengadilan, hakim tidak mengajukan pertanyaan kepadanya karena menganggap bukti-bukti sudah cukup dan menyatakan terimakasih atas kehadirannya.

Jaksa menyatakan Ruby pernah berhubungan seks dengan Berlusconi ketika masih berusia 17 tahun sehingga Berlusconi dianggap melanggar hukum. Baik Berlusconi dab El Mahroug sudah membantah melakukan hubungan seks. (K-4/BBC)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 15 Januari 2013 - 00:59:11 WIB
Serangan di Kachin Tewaskan 3 Warga Sipil
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Yangon) - Kelompok pemberontak Kachin di Burma mengatakan tentara pemerintah menyerang kawasan yang mereka kuasai di dekat perbatasan China dan menewaskan tiga warga sipil.

Tentara Kemerdekaan Kachin menyebutkan untuk pertama kalinya warga sipil tewas di pangkalan utama di Laiza, di sebelah utara Burma, sejak tentara militer Burma melancarkan serangan baru bulan lalu. 

Wartawan BBC untuk kawasan Asia Tenggara, Jonathan Head, melaporkan maraknya kembali konflik di kawasan ini marak kembali sejak sekitar satu setengah tahun belakangan membuat puluhan ribu warga sipil mengungsi.

Ditambahkan bahwa ada kekhawatiran serangan meriam militer yang terbaru ini menjadi pertanda bahwa pemerintah sedang mengadakan serangan besar.

Para pengungsi hidup di tempat kamp-kamp penampungan sementara dekat perbatasan dengan China dalam kondisi yang buruk dan tidak mendapat bantuan dari lembaga internasional. Kondisi sekitar 40.000 pengungsi akibat pertempuran antara pasukan pemerintah Burma dan kelompok pemberontak Kachin.

Bulan Desember tahun lalu, pejabat urusan kemanusiaan PBB, Valeri Amos, berkunjung ke negara bagian Kachin dan meminta agar lembaga-lembaga internasional diberi akses untuk mencapai para pengungsi.

Amerika Serikat sudah mengungkapkan kekhawatiran atas serangan militer Burma atas pemberontak Kachin yang juga menggunakan pesawat dan helikopter tempur.

Presiden Burma, Thein Sein, sebelumnya menegaskan komitmennya atas upaya penyelesaikan damai atas konflik di negara bagian Kachin yang berlangsung selama puluhan tahun namun marak kembali lebih dari setahun lalu.

Bagaimanapun serangan yang terjadi menimbulkan spekulasi bahwa Presiden Thein Sein tidak sepenuhnya bisa mengendalikan militer yang beroperasi di kawasan perbatasan. (K-4/BBC)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 15 Januari 2013 - 00:57:55 WIB
Tentara India Harus Agresif Balas Tembakan Pakistan
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (New Delhi) - Kepala Staf Angkatan Darat India memerintahkan para komandannya menanggapi secara agresif setiap tembakan dari tentara Pakistan di kawasan Kashmir.

"Kami mengharapkan para komandan kami bertindak agresif. Perintahnya amat jelas, jika diprovokasi saya mengharapkan para komandan membalas dengan tembakan," tutur Jenderal Bikram Singh kepada para wartawan di Delhi.

Dia menambahkan India memiliki hak untuk membalas pada 'waktu dan tempat yang ditentukan' sehubungan dengan kontak senjata tanggal 8 Januari yang menewaskan dua tentara India.

Dua tentara Pakistan juga dilaporkan tewas dalam bentrokan antara militer kedua negara itu pekan lalu di kawasan Kashmir yang menjadi sengketa.

Kekerasan di Kashmir ini merupakan ketegangan terburuk antara India dan Pakistan sejak serangan Mumbai 2008, yang dilakukan kelompok militan yang berbasis di Pakistan.

Kedua belah pihak membantah mereka yang memulai bentrokan senjata itu. Pertemuan para komandan. Bagaimanapun Jenderal Singh menegaskan bahwa pihaknya tetap mengupayakan jalan dialog.

"Kami tetap ingin menjaga proses dialog dan juga mengkaji jalan terbaik untuk berkomunikasi dengan Pakistan namun serangan harus dihentikan."

Dan seorang juru bicara tentara India mengukuhkan bahwa para komandan militer lapangan kedua negara sudah bertemu sekitar setengah jam di sebuah tempat yang tidak disebutkan.

Ribuan orang tewas di kawasan Kashmir yang dikuasai India sejak maraknya pemberontakan bersenjata untuk menentang pemerintah India di kawasan itu pada tahun 1989.

India dan Pakistan mencapai kesepakatan gencatan senjata di Kashmir pada akhir tahun 2003. (K-4/BBC)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 15 Januari 2013 - 00:56:53 WIB
Kebakaran Semak di Australia Hanguskan 12 Rumah
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Sydney) - Dua belas rumah telah musnah dilahap kebakaran semak di New South Wales (NSW), Australia utara, demikian kata pihak berwenang, Senin (14/1).

Dinas Pemadam Pedesaan NSW (RFS) mengatakan kobaran api di Warrumbungle National Park, sebelah barat Coonabarabran, juga telah memusnahkan beberapa bagian Siding Spring Observatoriy, instalasi penelitian astronomi optik terbesar di Australia.

RFS mengatakan 12 rumah di Timor Road telah musnah dilalap si jago merah. "Ini adalah kebakaran semak yang berbahaya dan besar," kata RFS di jejaringnya, Senin pagi. "Kebakaran tersebut berkobar di arah utara Timor Road dan Siding Spring Observatory dan saat ini berada sekitar satu kilometer di sebelah selatan Bugaldie," kata RFS.

Polisi mengosongkan daerah di sekitar Siding Spring dan seluruh Kotapraja Bugaldie. "Semua staf Siding Spring Observatory diungsikan sebelum kebakaran meluas dan kini selamat serta aman di Coonabarabran," kata RFS.

Lebih dari 65 petugas pemadam dan 17 truk berada di lokasi pada dini hari, sementara petugas dan truk pemadam lain direncanakan tiba sepanjang Senin, demikian laporan Australian Associated Press (AAP). (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 15 Januari 2013 - 00:56:04 WIB
Sekelompok Orang Bersenjata Culik 4 Warga China
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Khartoum) - Sejumlah orang bersenjata tak dikenal menculik empat orang pekerja asal China di wilayah Darfur, Sudan barat, demikian kata Kantor Berita SUNA.

Penyerang menculik orang-orang China itu--satu insinyur dan tiga supir-- serta lima warga Sudan rekan mereka pada Sabtu larut malam di dekat al-Fasher di Darfur Utara, tulis SUNA, dengan menambahkan bahwa mereka semua bekerja untuk sebuah perusahaan pembangunan jalan China.

Aparat keamanan pemerintah dengan 15 kendaraan militer kini memburu para penculik, kata SUNA, tanpa penjelasan terinci lebih lanjut. Orang-orang bersenjata sering menculik warga asing di Darfur dengan menuntut uang tebusan bagi pembebasan mereka.

Pada Januari 2012, gerilyawan di negara bagian Kordofan Selatan, wilayah penghasil minyak utama di Sudan, menculik 29 orang China. Mereka dibebaskan hampir dua pekan kemudian. Bentrokan-bentrokan antara pasukan Sudan dan gerilyawan masih terus berlangsung di Darfur meski misi penjaga perdamaian terbesar dunia UNAMID ditempatkan di wilayah Sudah barat itu.

Misi PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID), yang kini berjumlah 23.500 orang dan merupakan misi penjaga perdamaian terbesar di dunia, ditempatkan di Darfur, Sudan barat, sejak 2007 untuk berusaha mengakhiri permusuhan antara pemberontak dan pemerintah Sudan.

PBB mengatakan, lebih dari 300.000 orang tewas sejak konflik meletus di wilayah Darfur pada 2003, ketika pemberontak etnik minoritas mengangkat senjata melawan pemerintah yang didominasi orang Arab untuk menuntut pembagian lebih besar atas sumber-sumber daya dan kekuasaan. Pemerintah Khartoum menyebut jumlah kematian hanya 10.000.

Menurut PBB, sekitar 1,4 juta pengungsi tinggal di kamp-kamp di Darfur dan mereka bergantung pada jatah makanan. Pemerintah Sudan menandatangani sebuah perjanjian perdamaian sponsoran Qatar dengan sebuah aliansi kelompok pemberontak pada 2011, namun kelompok-kelompok besar menolaknya.

Kelompok gerilya utama Gerakan Keadilan dan Persamaan Hak (JEM) menolak perjanjian itu, yang ditandatangani Sudan dan Gerakan Keadilan dan Kebebasan (LJM), sebuah kelompok pemberontak lain di Darfur.

JEM adalah satu dari sejumlah kelompok Darfur yang memberontak pada 2003 untuk menuntut otonomi lebih luas bagi wilayah barat yang gersang itu. Mereka kini dianggap sebagai kelompok pemberontak yang paling kuat di Darfur.

Perpecahan di kalangan pemberontak dan pertempuran yang terus berlangsung menjadi dua halangan utama bagi perundingan perdamaian yang berlangsung sejak 2003 di Chad, Nigeria dan Libya, sebelum pindah ke Doha.

Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) yang bermarkas di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Sudan Omar al-Bashir pada 2009 atas tuduhan kejahatan perang dan kejahatan atas kemanusiaan di Darfur, Sudan barat. Bashir juga dituduh melakukan genosida dalam surat perintah penangkapan selanjutnya.

Bashir telah membantah tuduhan-tuduhan pengadilan Den Haag dan menyebutnya sebagai bagian dari konspirasi Barat untuk menjatuhkannya. Surat perintah penangkapan itu merupakan yang pertama dikeluarkan pengadilan internasional tersebut terhadap seorang kepala negara yang aktif. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Penari Klub Malam Jadi Saksi Sidang Berlusconi
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Roma) - Penari klub malam asal Moroko yang dilaporkan pernah melayani mantan PM Italia Silvido Berlusconi hadir dalam sidang untuk memberi kesaksian.

Pihak kejaksaan mengatakan Karima El Mahroug bekerja sebagai pelacur di bawah umur dan pernah berhubungan seks dengan Berlusconi. Namun, ia dan Berlusconi menyanggah melakukan hubungan seksual.

Mahroug - yang dikenal dengan nama panggilan "Rubi si pencuri hati" sebelumnya tidak hadir dalam pengadilan. Pengacara Berlusconi meminta persidangan ditunda selama kampanye pemilu Italia saat ini.

Berlusconi mencalonkan diri setelah mundur sebagai perdana menteri untuk masa jabatan ketiga bulan Novemer lalu. Ia diganti oleh teknokrat Mario Monti. Pihak jaksa menuduhnya pengacara Berlusconi menunda sidang untuk menghindari putusan sebelum pemilu yang akan dilaksanakan akhir Februari.

Nona Mahroug telah dipanggil dua kali namun tidak hadir karena tengah berlibur ke Meksiko. Berlusconi, yang saat ini berusia 76 tahun, dituduh membayar Mahrough yang bekerja sebagai pelacur pada tahun 2010 saat usianya 17 tahun.

Melakukan hubungan seks dengan pelacur di bawah usia 18 tahun merupakan kejahatan di Italia. Berlusconi mengakui mengirim uang kepada Mahroug namun menekankan dana itu merupakan hadiah kepada teman yang memerlukan.

Namun, pihak penuntut mengatakan Berlusconi dan Mahroug melakukan hubungan seks 13 kali. Berlusconi menyanggah namun sempat mengatakan bahwa Mahroug memberitahu kepadanya bahwa usia penari itu 24 tahun.

Taipan media ini juga dituduh menyalahgunakan wewenang karena turun tangan saat Mahroug ditangkap dalam kasus terpisah. Ia dituduh mendesak polisi membebaskannya dengan berbohong bahwa Mahroug adalah cucu mantan presiden Mesir Hosni Mubarak. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar