About

Information

Selasa, 26 Maret 2013

Del Bosque Pertahankan Cara Bermain Spanyol

Selasa, 26 Maret 2013 - 08:16:26 WIB
Del Bosque Pertahankan Cara Bermain Spanyol 
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Paris) - Pelatih tim nasional Spanyol Vicente Del Bosque meminta timnya untuk membuang semua keraguan dan tetap memelihara kepercayaan diri terhadap cara bermain mereka, pada pertandingan kualifikasi melawan Prancis.

Peluang sang juara dunia untuk mempertahankan mahkota mereka di Brazil pada tahun depan terancam setelah pada hari Jumat hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Finlandia di Gijon. Hasil imbang itu membuat mereka tertinggal dua angka dari Prancis yang menguasai puncak klasemen grup I zona Eropa.

Sekarang, terdapat tekanan serius terhadap pasukan Del Bosque untuk mendapatkan hasil maksimal di Stade de France, dengan konsekuensi-konsekuensi potensi kekalahan yang sangat serius.

Kalah, dan Spanyol kemungkinan akan memerlukan dua pertandingan play off untuk menjaga peluang lolos ke Brazil.

Media Spanyol yang cemas mulai mempertanyakan gaya bermain tim setelah menyaksikan mereka gagal mencetak lebih dari satu gol saat melawan Finlandia, dan membuat Spanyol harus membayar mahal kegagalannya ini.

Hasil itu mengikuti hasil imbang 1-1 saat melawan Prancis di Madrid pada bulan Oktober silam.

Bagaimanapun Del Bosque percaya diri bahwa Spanyol akan mampu memaksimalkan ruang yang mereka miliki, di mana Prancis diperkirakan akan tampil lebih menyerang daripada Finlandia.

"Kami sama sekali tidak gugup," ucapnya pada konferensi pers semalam sebelum pertandingan di Hotel Bristol di ibukota Prancis pada hari Senin (25/03).

"Logis untuk berefleksi terhadap apa yang terjadi pada dua pertandingan terakhir kami. Meski mendominasi secara keseluruhan, kami tidak dapat mencetak lebih dari satu gol, maka dapat dipahami jika masyarakat akan memiliki keraguan-keraguan," katanya.

Namun Del Bosque mengaku tidak cemas dan tetap tenang. Dia menganjurkan para anak asuhnya untuk membuka lapangan dan memanfaatkan lebar lapangan.

"Kami perlu menemukan solusi-solusi namun ini akan menjadi pertandingan yang lebih terbuka," katanya optimis.

Mendapat kesuksesan-kesuksesan terkini yang belum pernah tercapai sebelumnya, Spanyol memiliki semua hak untuk percaya diri dalam menghadapi berbagai kemunduran belakangan ini.

Namun Del Bosque juga menyanjung tim Prancis, yang meski belum berubah banyak di bawah asuhan Didier Dechamps, namun telah melakukan perbaikan di banyak sektor sejak Kejuaraan Eropa pada musim panas. Saat itu Prancis kalah 0-2 dari Spanyol pada perempat final.

"Mereka memiliki pemain-pemain dengan kecepatan dan ambisi untuk bermain sepakbola," kata pelatih 62 tahun Del Bosque.

Del Bosque mengakui Prancis merupakan lawan berat karena memiliki sejumlah pemain hebat dan bertalenta, sebut saja Karim Benzema, Franck Ribery, Yohan Cabaye, Mathieu Valbuena. Merea memiliki kekuatan di area-area pertahanan, dan merupakan tim yang sangat bagus.

"Ketika dilakukan undian kami tahu Prancis akan menjadi lawan yang sangat sulit bagi kami. Mereka memiliki kualitas, pengalaman, dan tahu bagaimana untuk memainkan pertandingan-pertandingan seperti ini," kata Del Bosque memuji lawannya.

Del Bosque berharap duet gelandang Xabi Alonso dan Xavi Hernandez akan dapat dimainkan, dan ia juga tetap menjaga kepercayaan kepada Sergio Ramos di jantung pertahanan, meski terdapat pihak-pihak yang menyarankan agar pemain Real Madrid itu dikembalikan ke posisi bek kanan.

"Saya pikir ia baik-baik saja dengan posisinya sekarang," ucapnya mengenai Ramos, yang memainkan pertandingan internasional ke-100-nya saat melawan Finlandia, pencapai mengagumkan bagi seorang pemain yang baru berusia 26 tahun.

"(Alvaro) Arbeloa melakukan pekerjaan bagus terhadap Ribery di sana, baik pada Kejuaraan Eropa terakhir atau pada pertandingan di Madrid, maka kami tidak memiliki rasa takut terhadap dia di bek kanan. Dan pasangan Ramos dan Gerard Pique merupakan salah satu pasangan terbaik di Eropa, maka mengapa harus menggantinya," tambahnya mengenai duet andalannya di lini belakang. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar