About

Information

Senin, 25 Maret 2013

Demo Besar-besaran Dialihkan Ke LBH, Trans Jakarta Antisipasi

Senin, 25 Maret 2013 - 09:48:54 WIB
Demo Besar-besaran Dialihkan Ke LBH, Trans Jakarta Antisipasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Terkait dengan kabar adanya isu aksi demo besar yang akan terjadi di Jakarta hari ini Senin (25/03), Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan terjadi aksi besar di Jakarta. Sesuai dengan surat pemberitahuan yang dilayangkan Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI), aksi yang akan digelar adalah pembagian sembako.

"Ada pemberitahuan yang kita dapatkan dari Neta S Pane pukul 18.00 WIB tadi, bahwa MKRI akan melakukan kegiatan pada Senin 25 Maret 2013. Kegiatan yang dimaksud berupa kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (25/3).

Menurutnya, kegiatan sosial tersebut akan digelar di halaman kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jl Diponegoro No 74, Jakarta Pusat. "Acara akan berlangsung dari pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai," ujarnya.

Sebanyak 3 ribu warga miskin diundang dalam aksi sosial hari ini. Polisi akan mengirimkan pasukan sesuai dengan kebutuhan pengamanan acara.

Meski demikian, Rikwanto mengatakan, kepolisian tetap akan selalu waspada dan mempersiapkan segala sesuatu untuk meminimalisir apapun yang akan terjadi. "Sampai saat ini laporan yang kita terima baru ini. Namun, jika memang ada aksi lain kita sudah mempersiapkan," tandasnya.

Sementara itu, pengelola Transjakarta mengaku sudah menyiapkan pengalihan arus di beberapa koridor untuk mengantisipasi adanya demonstrasi besar-besaran yang akan berlangsung Senin (25/03). Meskipun begitu, sebagaimana disampaikan Kepala Unit pengelola Transjakarta, Muhammad Akbar, memastikan pelayanan Transjakarta akan tetap berjalan sebagaimana biasanya, yakni mulai pukul 05.00 pagi hingga larut malam. 

Terlebih, dari pengalaman yang sudah-sudah, aksi demo biasanya dilakukan di atas pukul 09.00 WIB. Sehingga pihaknya pun meminta kepada para calon penumpang, terutama di pagi hari untuk tidak perlu khawatir. "Pagi, kami akan beroperasi normal seperti biasa. Untuk siangnya, kita akan lihat situasi di lapangan," ujar Akbar.
 
Dengan begitu, jelas Akbar, apabila jalur Transjakarta tak bisa lagi dilalui karena dipenuhi para pendemo, pihaknya langsung memutuskan untuk melakukan pengalihan arus. "Diusahakan kami lakukan pengalihan arus. Karena memang ada beberapa jalur yang masih bisa dilintasi. Tapi, kalau sudah dialihkan tetap tidak bisa dilalui juga, terpaksa kami stop," jelasnya.

Adapun jalur bus Transjakarta yang rawan dengan aksi demo diantaranya terdapat di koridor I (Blok M-Kota) dan koridor IX (Pinangranti-Pluit) seperti, Jl Jenderal Sudirman, Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka Barat dan Jl Gatot Subroto. 

Pengalihan arus yang disiapkan yakni, di koridor I yakni dari arah Blok M untuk menghindari Bundaran Hotel Indonesia, melalui Jl KH Mas Mansyur-Abdul Muis-Harmoni. Dengan begitu, beberapa halte mulai dari Halte Karet hingga Halte Monas tidak dilintasi bus yang memiliki jalur khusus ini. Sementara untuk koridor IX yang melintas di Jl Gatot Subroto, akan dialihkan melalui Tol Dalam Kota. (K-5/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar