About

Information

Selasa, 19 Maret 2013

Festival Film Hong Kong Diikuti 68 Negara

Selasa, 19 Maret 2013 - 01:04:59 WIB
Festival Film Hong Kong Diikuti 68 Negara
Diposting Oleh : Administrator 

Komhukum (Hong Kong) - Festival Film Internasional Hong Kong (HKIFF) yang dimulai pada Minggu (17/03), dimeriahkan dengan lima kompetisi untuk menghargai karya-karya terbaik bidang film melalui penilaian dewan juri yang profesional.

Para juri meliputi orang-orang ternama di industri film, kritikus film, sutradara dan orang berbakat lainnya, demikian isi laman HKIFF mengenai acara yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke 37.

Kategori penghargaannya adalah kompetisi sineas muda, kompetisi film dokumenter, anugerah Kritik Film Internasional (FIPRESCI), anugerah SIGNIS (film kemanusiaan)dan kompetisi film pendek. HKIFF adalah lembaga nirlama, LSM dan lembaga amal yang diciptakan untuk menemukan dan meningkatkan kreativitas seni dan budaya film.

Pada program tahun ini, misi dari penyelenggaraan festival adalah meningkatkan apresiasi global terhadap film Asia dan budaya film China serta mempromosikan film-film inspiratif dari seluruh penjuru dunia untuk memperkaya budaya di Hong Kong.

Berdasarkan komitmen untuk menggiatkan budaya film di Hong Kong dan Asia, lembaga tersebut menyelenggarakan tiga kegiatan tahunan pada Maret-April yaitu Festival Film Internasional Hong Kong (HKIFF), Penghargaan Film Asia (AFA), dan Forum Finansial Film Asia (HAF).

Dengan gairah yang meyakinkan bahwa film mempunyai kekuatan untuk menyatukan keragaman budaya dan generasi, HKIFF diarahkan untuk memuaskan ribuan penggemar film di kawsaan tersebut agar mendapat kesempatan menonton film-film penuh inspirasi dari negara lain.

Festival yang dibuka pada Minggu malam dan akan berlangsung hingga 2 April itu menurut jadwal akan memutar 300 judul film dari 68 negara di kawasan Asia.

Dua film dari Indonesia yang ikut ambil bagian dalam festival ini adalah "Tidak Bicara Cinta" (What They Don't Talk About) dan "Something In The Way" karya Mouly Surya dan Tedy Soeriaatmadja.

Pembukaan ditandai dengan pemutaran film silat "Ip Man the Final Fight" garapan sutradara kawakan Herman YAU yang diproduksi oleh SIN serta diperankan oleh Anthony Wong, Eric Tsang, Gillian Chung, Anita Yuen, Jordan Chan, Timmy Hung dan lain lain.

IP Chun, putra dari tokoh legendaris IP Man juga tampil sebagai bintang tamu dalam film semi biografi tentang guru kungfu Bruce Lee itu. Daftar penuh dari seleksi film HKIFF ke 37 dapat dibaca pada www.hkiff.org.hk. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar