About

Information

Senin, 25 Maret 2013

Megawati Lakukan Lawatan ke Korea Selatan

Senin, 25 Maret 2013 - 06:54:13 WIB
Megawati Lakukan Lawatan ke Korea Selatan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP), Megawati Soekarnoputri, Minggu (24/03) bertolak ke Korea Selatan hingga tangal 29 maret 2013. Lawatan ini selain memenuhi undangan dari The Chousnilbo (salah satu surat kabar terkemuka di Korea Selatan), juga memenuhi undangan Gubernur Provinsi Jeju yang merupakan sister province dari provinsi Bali.

Selaku Presiden ke 5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri akan menjadi pembicara kunci pada acara “Asian Leadership Conference 2013”  yang diselenggarakan oleh The Chosunilbo, bersama dengan tokoh dunia lainnya seperti Colin Powell, Yasuo Fukuda, Kevin Rudd, Tarja Halonen dan lain-lain. 

Megawati akan menekankan perlunya memikirkan kembali desain kelembagaan dunia baru, khususnya institusi keuangan, yang berangkat dari kemampuan suatu bangsa untuk berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) di bidang ekonomi sebagai fondamen untuk berperan lebih di dalam tata dunia baru yang mengedepankan konsepsi pembangunan ekonomi yang lebih berkeadilan. 

Tidak seperti saat ini, dimana negara hanya sekedar penopang bagi berfungsinya mekanisme pasar, yang tidak hanya gagal di dalam menciptakan pertumbuhan yang lebih berkeadilan, namun lebih jauh lagi, selalu menimbulkan krisis yang terus berulang sebagaimana terjadi di Eropa dan Amerika.

Megawati dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan H.E. Park Geun-hye di Blue House. Selain itu Megawati juga akan bertemu dengan Ketua Partai Saenuri (partai yang berkuasa saat ini) Mr. Hwang Woo-yea, dan Gubernur Provinsi Jeju Mr. Woo Keun-min, disamping akan menghadiri pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia di Korea Selatan bersama dengan komunitas Indonesia di Seoul.

Dalam kunjungan ini Megawati akan didampingi oleh pengurus DPP PDI Perjuangan antara lain, Rini Soemarno (mantan Menteri Perdagangan), Cornelis Lay (Pengamat Politik, Dosen UGM), Hasto Kristiyanto (Wakil Sekretaris Jenderal), Andreas Pareira (Ketua Bidang Hankam dan HI), Rokhmin Dahuri (Ketua Bidang Maritim dan Kelautan), Nusyirwan Soejono (Ketua Bidang UKM dan Koperasi), dan TB Hasanuddin (Wakil Ketua Komisi I DPR RI).

Lawatan ke Korea Selatan ini mempunyai nilai penting dalam rangka meningkatkan kerjasama dan persahabatan diantara kedua negara. Hal ini tidak terlepas dari peran Megawati Soekarnoputri yang dikenal konsisten untuk ikut mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea tersebut. (K-4/Bharata)

0 komentar:

Posting Komentar