About

Information

Kamis, 14 Maret 2013

Paus Baru Datang Dari Amerika Latin

Kamis, 14 Maret 2013 - 10:14:35 WIB
Paus Baru Datang Dari Amerika Latin
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Vatikan) - Sosok Kardinal Jorge Mario Bergoglio yang berusia 76 tahun dari Buenos Aires, Argentina telah resmi dipilih sebagai pemimpin ke-266 dari Gereja Katolik Roma. 

Sejak Rabu (13/03) waktu setempat, ia pun kini menyandang gelar Paus Francis atau Fransiskus I.

Seperti dikutip New Jersey Times yang dilansir Kamis (14/03), ada yang menarik dari Paus pengganti Paus benediktus XVI ini yakni Bergoglio menjadi paus pertama dari Amerika latin yang pernah terpilih. Ia pun baru pertama kalinya menjabat posisi tersebut.

Meski tak diunggulkan, Kardinal Jorge Mario Bergoglio akhirnya terpilih setelah dilakukan pertemuan rahasia antara para kardinal selama 2 putaran.

Jorge Mario Bergoglio merupakan seorang putra imigran Italia yang terkenal konservatif dengan kepribadian hangat. Paus pengganti Paus Benediktus XVI itu telah menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengajar agama dan menjadi pemuka agama katolik terkemuka di Amerika Latin di mana wilayah yang dilayaninya merupakan pangsa terbesar dari umat Katolik di dunia.

Bergoglio telah menjabat sebagai pemuka agama sejak Desember 1969, dan menjadi pemuka agama di Argentina pada tahun 1973. Tak hanya menjadi pemuka agama, ia juga menjadi seorang Rektor di Fakultas Filsafat dan Teologi San Miguel pada 1980 hingga 1986.

Kantor berita Holy See menulis, setelah Bergoglio menyelesaikan disertasi doktoralnya di Jerman, ia kembali ke Argentina menjabat sebagai direktur pelayanan spiritual di Cordoba. Ia pun diangkat menjadi kardinal pada Februari 2001 oleh Paus John Paul II.

Menurut penulis biografinya, Sergio Rubin, sosok Paus baru ini merupakan seseorang yang sangat rendah hati.

"Ini (Jorge Mario Bergoglio) membuat banyak orang penasaran: Ketika ada pertemuan uskup, dia selalu ingin duduk di baris belakang. Ini (sikap Jorge Mario Bergoglio) menunjukkan rasa kerendahan hati yang sangat terlihat ketika berada di Roma," kata Rubin.

Bahkan seperti dilansir CNN, tambah Rubin, ketika menghadiri pertemuan para uskup itu Bergoglio lebih memilih transportasi umum bukan menumpang mobil Limusin.

Tak semulus prestasinya di dunia Katolik yang digelutinya, Bergoglio ternyata pernah menjalani operasi paru-paru akibat menderita infeksi. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar