About

Information

Selasa, 19 Maret 2013

Serangan Bom di Nigeria Tewaskan 25 Orang

Selasa, 19 Maret 2013 - 06:52:41 WIB
Serangan Bom di Nigeria Tewaskan 25 Orang
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kano) - Lima ledakan di sebuah tempat parkir bus di kota Kano, Nigeria utara, Senin (18/03) menewaskan sedikitnya 25 orang, lapor wartawan Reuters yang menghitung mayat korban

Ledakan-ledakan itu menghancurkan sejumlah bus di Sabon Gari di Kano, daerah yang memiliki banyak warga pindahan yang datang dari Nigeria selatan.

Pasukan militer dan polisi menutup daerah itu setelah pemboman tersebut. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, namun Boko Haram, yang sering menyerang kota itu, merupakan tersangka utama.

"Saya berlari menyelamatkan diri dan berhasil keluar dari tempat parkir itu setelah ledakan kedua. Banyak orang tergeletak tewas. Lihat, baju saya bersimbah darah," kata Ibrahim Bello, sambil memegang baju yang bernoda darah.

Kekerasan Boko Haram diperkirakan telah menewaskan 3.000 orang sejak 2009, termasuk pembunuhan oleh pasukan keamanan. Kelompok itu menyatakan berperang untuk mendirikan sebuah negara di Nigeria utara.

Kano, kota berpenduduk sekitar 10 juta orang di Nigeria utara, merupakan wilayah yang terpukul paling parah dalam kekerasan itu. Rangkaian pemboman dan penembakan melanda Kano pada 20 Januari 2012, menewaskan 185 orang.

Boko Haram mengklaim puluhan serangan di Nigeria, termasuk pemboman bunuh diri pada Agustus di markas PBB di Abuja yang menewaskan sedikitnya 24 orang. Serangkaian serangan bom di kota Jos, Nigeria tengah, pada Malam Natal 2010 juga diklaim oleh Boko Haram. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar