About

Information

Selasa, 26 Maret 2013

Ubuntu Menghadirkan OS Untuk PC "Jadul"

Selasa, 26 Maret 2013 - 02:00:59 WIB
Ubuntu Menghadirkan OS Untuk PC "Jadul"
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Komunitas pengembang sistem operasi komputer bersumber terbuka (open source) Ubuntu meluncurkan varian terbaru "Lubuntu Extra Life Extension" (LXLE) untuk komputer-komputer lama dengan spesifikasi rendah.

"Sistem operasi pengganti lengkap, sangat cepat, dan modern untuk komputer-komputer yang sebelumnya menjalankan Windows XP, Vista dan Windows 7," sebut komunitas pengembang sistem operasi (OS) berbasis Linux itu di situs lxle.net.

Para pengembang anonim itu menyebut LXLE berbasis Lubuntu 12.04 dengan fitur-fitur tambahan. Sistem operasi itu mempunyai tampilan pengguna antar-muka (user interface) yang menyerupai sistem-sistem operasi Windows XP atapun Windows 7 dengan tombol start di pojok kiri bawah layar.

"Perubahan itu baik, tapi mengubah segalanya tidak selalu bagus. Begitupula bagi komputer-komputer lama dan sistem operasinya. Dukungan seringkali berganti secara cepat, enam bulan sejak diluncurkan," sebut para pengembang LXLE.

Para pengembang itu meyakini piranti keras spesifikasi lama masih dapat dipakai dalam beberapa tahun selama didukung pembaruan sistem operasi yang tidak mengorbankan kemampuan, penggunaan, serta estetikanya.

Sistem operasi LXLE dilengkapi pembaruan program-program populer Ubuntu yaitu LibreOffice, Gimp, dan Openshot di samping sejumlah fitur dan aksesoris seperti Random Wallpaper, Fast Forecast, Aero Snap dan pemandu sistem Conky.

Situs LXLE menyediakan unduhan dua versi sistem operasi, 64 bit dan 32 bit, berukuran 1,5 giga bit dan dokumen-dokumen pendukung pemasangan sistem operasi itu.

Sebelumnya, Lubuntu telah mengembangkan sistem operasi "Lightweight X11 Desktop Environment" (LXDE) yang bahkan dapat dioperasikan di komputer berprosesor Pentium II atau Celeron dengan kartu RAM 128 mega bit meski tidak direkomendasikan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar