About

Information

Senin, 07 Januari 2013

Internasional, Senin 07 Januari 2013

Senin, 07 Januari 2013 - 00:15:34 WIB
Asaad Akan Buat Pernyataan Soal Perang Suriah
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Damaskus) - Presiden Suriah, Bashar al-Assad, akan memberi pernyataan publik, terkait isu perang saudara di negaranya. PBB memperkirakan sudah lebih 60.000 orang di Suriah kehilangan nyawa akibat "perang saudara" itu.

Pidato tersebut dia nyatakan setelah Turki menempatkan beberapa rudal Patriot Amerika Serikat di perbatasan untuk melindungi negara itu dari ancaman Suriah.

"Presiden Assad akan berpidato pada hari ini (Minggu) untuk berbicara tentang perkembangan terbaru di Suriah dan di kawasan," kata stasiun televisi negara Suriah, Minggu (6/1) mengulangi laporan serupa dari Kantor Berita SANA.

Assad terakhir kali melakukan pidato publik pada 3 Juni tahun lalu saat dia berbicara di depan parlemen di Damaskus. Surat kabar Lebanon yang pro Suriah, Al-Akhbar, mengatakan, Assad siap menawarkan "solusi" untuk mengakhiri konflik.

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, surat kabar itu mengatakan bahwa Assad akan mengusulkan lima rencana yang tidak menghalangi dia untuk mencalonkan diri dalam Pemilu presiden 2014 nanti.

Termasuk dalam rencana itu adalah gencatan senjata, perizinan bagi pengamat internasional untuk pengawasan, sidang konstituen untuk membentuk undang-undang dasar yang baru, pembentukan pemerintahan nasional, dan pelaksanaan pemilihan umum untuk parlemen baru.

Sebelumnya, rencana serupa pernah disebut utusan perdamaian PBB-Liga Arab, Lakhdar Brahimi, saat mengunjungi Damaskus. Rencana yang didasarkan pada deklarasi Jenewa tersebut di antaranya berisi soal gencatan senjata, pembentukan pemerintah baru, serta pelaksanaan pemilu parlemen dan presiden. (K-4/EIO)


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Senin, 07 Januari 2013 - 00:16:09 WIB
David Cameron Ingin Menjabat Sampai 2020
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (London) - David Cameron, Minggu (6/1) mengatakan ingin menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris sampai dengan tahun 2020 untuk mengawasi berbagai reformasi yang tengah dilakukan, termasuk renegosiasi hubungan Inggris dengan Eropa.

Dalam sebuah wawancara menjelang tinjauan jangka menengah dari kemajuan yang dicapai koalisi pemerintah pimpinannya, pada Senin, Cameron juga membela keputusan tidak populer yang diambilnya yaitu penghapusan pembayaran dana bantuan bagi anak pasangan dengan penghasilan tinggi.

Cameron mengatakan kepada Sunday Telegraph ia bermaksud untuk memimpin Partai Konservatif menuju kemenangan dalam pemilihan umum 2.015 dan kembali menjabat selama lima tahun mendatang. Sebelumnya Cameron jarang berbicara tentang tanggal berakhirnya mandatnya dan telah berkembang spekulasi bahwa jika terpilih kembali ia akan mundur di tengah jalan.

Tapi ketika ditanya oleh surat kabar itu jika ia berniat untuk menjabat di sebagai perdana menteri hingga 2020, Cameron mengatakan, "Saya ingin bertarung dalam pemilihan umum berikutnya, menang dalam pemilihan umum itu dan menjabat - itu adalah apa yang saya ingin lakukan".

Saat ditanya lebih jauh tentang apa yang akan dikatakannya dalam pidato utamanya terkait dengan hubungan Inggris dan Uni Eropa yang tegang yang dijadwalkan akan dilakukan pada pertengahan Januari, Cameron mengatakan bahwa pihaknya akan menawarkan pemilih sebuah "pilihan nyata" pada pemilu 2015.

Dia mengatakan setiap suara terkait hubungan Inggris dengan Uni Eropa akan terjadi dalam lima tahun setelah pemilihan umum, tetapi ia menolak untuk menyatakan pada apakah jajak pendapat akan mencakup pertanyaan apakah Inggris harus tetap bergabung dalam blok tersebut.

"Orang harusnya tidak diragukan lagi bahwa apa yang ditawarkan oleh Partai Konservatif pada pemilihan umum mendatang adalah pilihan nyata dan cara yang nyata memberikan persetujuan untuk pilihan itu," katanya dalam sebuah wawancara di BBC TV.

Dia menekankan bahwa menjadi kepentingan ekonomi Inggris untuk tetap menjadi anggota penuh dari Uni Eropa guna memungkinkan negara itu untuk mempengaruhi arah dari pasar tunggal. "Jika kami berada di luar Uni Eropa secara total, kami masih akan terlibat perdagangan dengan semua negara-negara Uni Eropa, tetapi kami tidak akan memiliki suara atas aturan pasar tekait apa yang kami jual," kata Cameron.

Dia mengatakan, karena negara-negara yang menggunakan euro dipaksa untuk membuat perubahan dalam hubungan mereka untuk memperkuat mata uang itu, maka Inggris "sangat layak" untuk meminta perubahan kondisi keanggotaannya.

Di sisi domestik, Cameron bersikeras tidak akan ada perubahan terkait kebijakan untuk menghapus pembayaran kesejahteraan anak dari keluarga yang salah satu orangtua memiliki penghasilan lebih dari 60 ribu atau 73.800 euro atau 96.430 dolar AS, yang akan diberlakukan mulai Senin.

Ia membela upaya pemerintah terbaru itu untuk memangkas defisit melalui pemotongan belanja publik. Ia mengatakan, "Saya tidak mengatakan orang-orang itu kaya, tapi saya berpikir adalah benar bahwa mereka memberikan kontribusi."

"Ini akan meningkatkan (pendapatan) 2 miliar per tahun. Jika kami tidak meningkatkan angka 2 miliar itu dari sekelompok orang - yang terdiri dari 15 persen penduduk negeri ini - kami harus mengambilnya dari orang lain." (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar