About

Information

Senin, 25 Maret 2013

Antisipasi Demonstran Turun, Ratusan Aparat Diterjunkan dan Arus Dialihkan

Senin, 25 Maret 2013 - 11:42:11 WIB
Antisipasi Demonstran Turun, Ratusan Aparat Diterjunkan dan Arus Dialihkan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Ratusan personel kepolisian sudah disiagakan di sekitar bundaran Hotel Indonesia (HI). Mereka berjaga untuk mengantisipasi ribuan massa yang dikabarkan akan melakukan aksi demo besar-besaran hari ini, Senin (25/03).

"Untuk yang di bundaran HI saja jumlah personel yang disiagakan ada dua batalyon, terdiri dari dua kompi, jumlahnya sekitar 700 orang," jelas Kompol Henzly M, Kepala Seksi Operasi dari Resimen II Pelopor Brimob.

Selain di bundaran HI, petugas juga sudah disiagakan di titik-titik yang diperkirakan akan menjadi tempat berkumpul para pendemo, yaitu di gedung DPR/MPR, Istana Negara, dan Tugu Tani.

Pantauan Komhukum.com, sejumlah kendaraan militer juga sudah disiagakan di sekitar bundaran HI, seperti 'water canon', barracuda, rantis (kendaraan taktis), dan mobil anti anarkis.

Ribuan massa diperkirakan akan datang untuk melakukan aksi unjuk rasa sekitar pukul 11.00 WIB. Unjuk rasa itu dilakukan untuk menggulingkan kekuasaan SBY-Boediono. Menyusul kabar unjuk rasa tersebut, Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyatakan akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas yang bersifat situasional.

Wakil Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan kondisi arus lalulintas Jakarta hari ini kemungkinan akan berlangsung normal. Walau gencar diberitakan, hari ini akan ada aksi unjuk rasa berskala besar di Jakarta. Ia menghimbau masyarakat tidak perlu merasa takut dan khawatir.

''Besok (kondisi lalin), seperti biasa. Jika berlangsung unjuk rasa, maka pengalihan arusnya situasional. Akan dikondisikan,'' kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta.

Ditlantas Polda Metro Jaya akan menurunkan sebanyak 300 personel kepolisian sebagai upaya antisipasi, agar tidak terjadi gangguan arus lalulintas. Ke-300 polisi pengatur lalulintas tersebut, hanya akan ditempatkan di titik-titik tol dan sejumlah ruas jalan protokol ibu kota.

Sambodo menerangkan, situasionalnya pengalihan arus lalin esok, juga disebabkan adanya kunjungan kenegaraan tamu presiden ke Istana Negara. Setidaknya terdapat beberapa ruas jalan protokol yang harus steril dari massa. 

Sejumlah titik yang akan diberlakukan pengalihan secara situasional ini, kata Sambodo, antara lain kawasan Tugu Tani, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Silang Monas, Patung Kuda di Jalan MH Thamrin, serta Jalan Sudirman-MH Thamrin. '

"Jika mungkin massa ke Gedung DPR MPR, maka di sekitar sana dan Semanggi juga akan dilakukan pengalihan,'' ujar Sambodo. (K-5/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar