About

Information

Senin, 18 Maret 2013

Apresiasi Survei LSI, PDIP Fokus Persiapan Pileg

Senin, 18 Maret 2013 - 12:36:10 WIB
Apresiasi Survei LSI, PDIP Fokus Persiapan Pileg
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung mengatakan bahwa partainya saat ini belum melakukan persiapan apapun untuk Pemilihan Presiden 2014 karena masih harus fokus mempersiapkan pemilu legislatif.

"Sekarang ini konsentrasi kami baru pada persiapan pemilu legislatif. PDIP masih fokus untuk mempersiapkan para caleg (calon anggota legislatif), apalagi pada bulan April DCS (Daftar Calon Sementara) sudah harus dikumpulkan sehingga fokus utama kami masih untuk hal itu," kata Pramono Anung saat ditemui di Gedung Nusantara III MPR/DPR di Jakarta, Senin (18/03).

Pernyataan tersebut dia sampaikan untuk menanggapi hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan bahwa elektabilitas Megawati Soekarnoputri berada di peringkat teratas diantara para calon presiden (capres) lainnya dan elektabilitas PDIP berada pada peringkat kedua diantara partai politik peserta pemilu.

Pramono berpendapat hasil survei tentunya dapat menjadi referensi bagi partai politik untuk menentukan sikap, namun hasil survei cenderung bersifat dinamis karena dapat berubah setiap waktu.

"Menurut saya, hasil survei LSI yang menempatkan Ibu Megawati sebagai capres teratas dan PDIP sebagai partai urutan kedua dengan tingkat elektabilitas 18,8 persen merupakan bagian dari apresiasi publik terhadap kinerja partai dan 'performance' Bu Mega," ujarnya.

Walaupun demikian, Pramono mengatakan bahwa partainya belum mengambil sikap apapun terkait hasil survei LSI tersebut.

"Sehubungan dengan hasil survei ini, apakah nantinya akan menjadi keputusan atau bagaimana, hal itu sepenuhnya wewenang DPP partai yang dipimpin oleh Bu Mega karena baik kongres maupun rakernas memberi amanat itu. Mekanisme ini tentunya akan dijalankan oleh partai," katanya.

Dia juga mengatakan hasil survei LSI itu menjadi bagian dari referensi yang dipertimbangkan oleh PDIP dalam memilih calon-calon yang akan dimajukan dalam pemilu.

Selanjutnya, Pramono enggan memberi komentar terkait wacana LSI yang memasangkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Silahkan saja orang berspekulasi, tetapi belum ada keputusan tentang hal itu. Dan keputusan kembali pada DPP partai, dalam hal ini Bu Mega yang akan memutuskan itu," katanya.

Sebelumnya, hasil survei yang dilakukan LSI menunjukkan bahwa akan ada empat kandidat capres terkuat yang muncul dalam Pemilihan Presiden 2014, antara lain Megawati Soekarnoputri dengan tingkat keterpilihan sebesar 20,7 persen, Aburizal Bakrie dengan 20,3 persen, Prabowo Subianto 19,2 persen, dan Wiranto 8,2 persen.

Hasil survei LSI tersebut juga menemukan bahwa partai-partai politik berbasis agama cenderung mengalami krisis tokoh capres pada Pemilu 2014 dan diperkirakan tidak akan ada capres dari tokoh partai berbasis agama dalam Pemilu 2014, seperti halnya pada Pemilu 2009.

Menurut hasil survei LSI, para capres dari partai berbasis agama hanya berada pada urutan kelima dan seterusnya.

Misalnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa hanya memperoleh dukungan 6,4 persen, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali dengan 1,9 persen, Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta 1,1 persen, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan dukungan sebesar 1,6 persen. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar