About

Information

Selasa, 05 Maret 2013

Banjir Kembali Merendam Beberapa Wilayah DKI

Selasa, 05 Maret 2013 - 05:10:31 WIB
Banjir Kembali Merendam Beberapa Wilayah DKI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Banjir kembali merendam beberapa wilayah Jakarta, seperti di Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

Ratusan rumah di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung, Selasa (5/03) dini hari. Meluapnya Sungai Ciliwung akibat tingginya curah hujan di Bogor dan juga Jakarta sejak kemarin, Senin (4/3).

Banjir mulai memasuki rumah warga pukul 02.00 WIB. Ketinggian air bervariasi, antara 30 centimeter hingga satu meter. Sebagai antisipasi banjir, tim SAR telah bersiaga di posko banjir di depan RT 03 dan RT 04 sejak malam tadi. 

Kedua titik tersebut merupakan lokasi paling rendah yang berada di pinggi Sungai Ciliwung. "Ada 20 relawan yang bersiaga dengan dua perahu karet," jelas tim SAR dari Palang Merah Indonesia (PMI), Budi.

Menurut Budi, tim SAR juga sedang menyiapkan susu panas dan roti untuk 1.500 porsi yang disiapkan bagi para korban banjir. "Kita juga akan membuka dapur umum yang dipusatkan di markas TNI di Klender," tambah Budi. 

Sementara itu di wilayah Jakarta Selatan, petugas Jaga Polsek Pasar Minggu Iptu Sudiro mengatakan setidaknya tiga RT di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan, mengalami kebanjiran akibat kiriman air dari Sungai Ciliwung yang meluap.

Tiga RT tersebut meliputi RT 5 RW 8, RT 16 dan 17 RW 7, katanya kepada dikonfirmasi Selasa dini hari (5/03) sekitar pukul 03.00 WIB. Menurut dia, banjir mulai masuk ke rumah-rumah penduduk sekitar pukul 01.30 dini hari. Pada pukul 03.00 WIB, banjir di RT 5/8 telah mencapai lebih dari 150cm.

Sedangkan untuk dua RT lainnya, banjir paling rendah telah mencapai satu meter lebih. Ia menambahkan, warga yang terkena banjir mengungsi ke tempat-tempat tinggi, diantaranya di masjid-masjid sekitar. Sebelumnya BNPB telah memberikan peringatan terkait potensi banjir akibat curah hujan tinggi di wilayah Puncak Bogor. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar