About

Information

Rabu, 20 Maret 2013

Demokrasi Golongan Jerumuskan Negara Dalam Korupsi

Rabu, 20 Maret 2013 - 07:40:33 WIB
Demokrasi Golongan Jerumuskan Negara Dalam Korupsi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Sosiolog Universitas Nasional (UNAS) Nia Elvina mengatakan bahwa paham demokrasi sebagai tempat untuk membela golongan dan kepentingan sendiri dapat menjerumuskan negara.

"Paham semacam itulah yang menjerumuskan negara kita sekarang dalam persoalan yang besar, yakni korupsi sosial," katanya di Jakarta, Rabu (20/03).

Ia menilai elite politik baik yang duduk di pemerintahan maupun DPR, terutama pucuk pimpinannya, masih mempunyai paham yang salah mengenai demokrasi dimaksud.

Ia mengatakan pemahaman yang dominan dari makna demokrasi untuk membela kepentingan golongan sendiri itu kemudian diwujudkan dalam suatu kesempatan untuk menempatkan kawan-kawan sendiri dalam pemerintahan, di dalam dan luar negeri.

"Sekalipun (mereka, red.) tidak mempunyai kecakapan tentang itu," kata Nia Elvina

Menurutnya, dengan kondisi semacam itu, jika tidak segera dilakukan perubahan akan membuat negara lumpuh.

"Sehingga masyarakat harus kritis melihat dalam Pemilu 2014 nanti, partai mana kira-kira yang memang sudah menerapkan proses demokrasi yang benar di dalam kepengurusannya," kata Sekretaris Program Sosiologi UNAS itu.

Dengan begitu, kata dia, masyarakat bisa menilai kemampuan kader-kader yang mereka hasilkan untuk diusung menjadi pemimpin negara ini.

"Jangan sampai kita terbelit lagi pada kondisi sekarang yang dibebani korupsi sosial, sehingga cita-cita mulia bangsa kita keadilan dan kesejahteraan sosial bisa tercapai," tandas Nia Elvina. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar