About

Information

Senin, 04 Maret 2013

Dicari Pasutri Untuk Ekspedisi ke Mars

Sabtu, 02 Maret 2013 - 16:01:29 WIB
Dicari Pasutri Untuk Ekspedisi ke Mars
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Cape Canaveral) - Lembaga nirlaba di Amerika Serikat (AS) berniat mencari pria dan wanita, kalau bisa pasangan suami-istri (Pasutri), untuk dilatih guna melakukan perjalanan 501 hari menuju planet Mars, yang akan dimulai dalam waktu kurang dari lima tahun dari sekarang.

Penyelenggara mengatakan bahwa misi bernilai semiliar dolar AS itu akan didanai secara mandiri oleh penyumbang. Penggagas proyek, Dennis Tito, seorang miliarder yang pada tahun 2001 mendanai perjalanan ke stasiun angkasa luar sebesar 20 juta dolar AS, berjanji akan membiayai ongkos awal untuk dua tahun pengembangan sistem penunjang hidup dan keperluan teknologi lainnya.

Saat ini tidak ada pesawat angkasa luar AS yang beroperasi tetapi beberapa sedang digarap untuk mengangkasa pada 2017. Sedikit waktu yang tersisa untuk memanfaatkan kesempatan langka untuk mengitari planet Mars. Peluncuran direncanakan pada 5 Januari 2018 sedangkan kesempatan berikutnya adalah pada 2031. "Jika tidak bisa tahun 2018, maka persaingannya pada 2031," kata Tito.

Tito mendirikan Yayasan Inspirasi Mars untuk menangani proyek perjalanan tersebut. Pesawat ruang angkasa tersebut sangat ramping sekitar 17 meter kubik, hanya cukup untuk dua awak dan direncanakan akan diawaki oleh pasutri yang diharapkan cocok untuk terbang terasing dalam waktu lama.

Berbentuk kapsul, pesawat ini dilengkapi sistem penopang hidup seperti yang biasa dipakai oleh Badan Antariksa AS, yaitu perangkat daur ulang air, udara, air seni dan keringat. Penerbangan ini akan menjadi misi yang keras dan cermat. Awaknya tidak perlu mengikuti panduan NASA sepenuhnya untuk masalah kualitas udara dan air. 

"Hal ini akan menjadi seperti perjalanan Lewis dan Clark ke Mars," kata kepala teknik proyek Taber MacCallum, menyitir perjalanan melintasi baratdaya Amerika pada 1803. Apabila diluncurkan pada 5 Januari 2018, pesawat itu akan tiba di Mars 228 hari kemudian, mengitarinya dan kembali ke bumi. Perjalanan kembali akan memerlukan waktu 273 hari dan berakhir dengan memasuki atmosfer bumi.

Manakala pesawat diluncurkan, maka tidak ada kata balik, kata MacCallum. Para awak akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk memelihara hunian mereka, melakukan penelitian ilmiah dan menjaga hubungan dengan orang-orang dibumi.

Tito memperkirakan biaya perjalanan ini akan serupa dengan misi penerbangan robot ke Mars. Misi penyelidikan NASA ke Mars berikutnya diperkirakan memerlukan dana 2,5 miliar dolar AS, misi lanjutan yang direncanakan diluncurkan pada 2020 memerlukan dana sekitar 1,5 miliar dolar, demikian Reuters melaporkan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar