About

Information

Kamis, 14 Maret 2013

Harga Bawang Putih Naik di Makassar

Kamis, 14 Maret 2013 - 00:34:39 WIB
Harga Bawang Putih Naik di Makassar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Makassar) - Harga bawang merah dan bawang putih bergerak naik di sejumlah pasar tradisional di Makassar.

"Harga bawang merah yang sebelumnya hanya Rp. 12 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp. 13 ribu per kg," kata pedagang Hj. Hasniah di Pasar Terong, Makassar, Rabu (13/03).

Dia mengatakan, hal serupa juga terjadi pada bawang putih yang harganya naik Rp. 13 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp. 12 ribu per kg. Menurut dia, kenaikan harga bawang tersebut dipicu karena persediaan yang berkurang, sementara suplai dari daerah belum ada.

"Biasanya memasuki musim kemarau, sudah ada suplai bawang dari Kabupaten Takalar, Jeneponto dan Enrekang," katanya. Namun, akibat daerah sentra produksi bawang terkena banjir pada Januari 2013 lalu, maka jadwal panen mengalami kemunduran.

Hal itu diakui distributor hasil bumi di Pasar Cidu, Makassar H. Rahim. Dia mengatakan, produksi bawang lokal belum ada, sehingga memicu kenaikan harga bawang.

"Untuk sementara bawang merah didatangkan dari Palu, Sulteng," ujarnya. Dia mengatakan, itupun harganya jauh diatas harga bawang lokal, karena pertimbangan ongkos transportasi. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar