About

Information

Kamis, 14 Maret 2013

DPR Nilai Prediksi Ekonomi BI Lebih Aktual

Kamis, 14 Maret 2013 - 00:36:45 WIB
DPR Nilai Prediksi Ekonomi BI Lebih Aktual
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Perbankan 


Komhukum (Jakarta) - Komisi XI DPR RI menilai prediksi pertumbuhan ekonomi Bank Indonesia lebih mendekati aktual bila dibandingkan perkiraan pemerintah.

"Memang tampaknya prediksi BI dari tahun ke tahun agak lebih mendekati aktual," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) tertutup dengan PPATK di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/03).

Harry mengatakan, BI sudah sejak dulu mengusulkan asumsi pertumbuhan ekonomi antara 6,2-6,3 persen, dari pada usul pemerintah 6,8 persen yang kemudian menjadi UU APBN. "Jadi sekarang tinggal pemerintah saja apakah mereka akan merevisi asumsi makro itu atau tidak," ujarnya.

Harry juga menambahkan, keputusan revisi tersebut juga tergantung dari Menteri Keuangan yang baru jika Agus Martowardojo terpilih menjadi Gubernur BI. "Tergantung menteri keuangan yang baru kalau Agus terpilih," katanya. Di dalam negeri, laju inflasi dua bulan terakhir telah menekan perekonomian.

Kondisi perekonomian global juga diperkirakan belum akan pulih secara cepat karena ekonomi Amerika Serikat kembali melemah akibat permasalahan fiskal yang bisa mengurangi belanja Pemerintah AS. BI sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2013 ini akan berada di batas bawah antara 6,3-6,8 persen. (K-4/EIO)

1 komentar: