About

Information

Senin, 25 Maret 2013

Harga Cabai Kecil Tembus Rp. 80.000/Kg

Senin, 25 Maret 2013 - 04:02:39 WIB
Harga Cabai Kecil Tembus Rp. 80.000/Kg
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Nunukan) - Harga cabai kecil di sejumlah pasar di Kabupaten Nunukan Kaltim sepekan terakhir mencapai Rp. 80.000 per kilogram.

Taming, penjual cabai kecil di Pasar Yamaker, Minggu (24/03) mengaku akibat kurangnya stok cabai kecil sejak seminggu terakhir harga kembali mengalami kenaikan hingga Rp80.000 per kilogram.

"Harga naik lagi karena cabai kecil sangat kurang sekarang dijual," ujarnya. Cabai kecil yang dijualnya akhir-akhir ini merupakan hasil panen petani Kabupaten Nunukan sendiri dan baru saja dipetik, kata Taming. 

Kelangkaan cabai kecil tersebut, katanya, akibat tidak adanya pasokan dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia memperkirakan harga cabai kecil akan mengalami penurunan pekan depan setelah ada pasokan dari Sulsel.

"Kemungkinan minggu depan harga (cabai) turun lagi. Karena besok kapal masuk lagi dan katanya membawa puluhan ton cabai kecil dari sana (Sulsel)," ujar Hj. Norma, pedagang bumbu masak di Pasar Inhutani.

Hj. Norma juga mengatakan, stok cabai kecil saat ini sangat kurang dan persediaan yang dijual adalah cabai asal Tawau Malaysia yang warnanya hijau atau masih mentah. Cabai asal Tawau tersebut dijual dengan harga Rp. 65.000 per kilogram atau tidak mengalami kenaikan dari harga sebelumnya, sebutnya.

Kemudian pedagang bumbu masak lainnya di Pasar Inhutani, Lia menyebutkan, harga cabai kecil yang dijual secara eceran mencapai Rp. 80.000 per kilogram. Menurut dia harga tinggi disebabkan ketersediaan cabai kecil saat ini kurang karena tidak ada pasokan dari Sulsel.

"Cabai yang saya jual ini dari Nunukan sendiri bukan dari Sulawesi (Selatan). Tapi besok cabai dari Sulawesi sudah datang lagi jadi kemungkinan harga bisa turun sampai Rp. 35.000 per kilogram," ujar Lia.  (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar