About

Information

Selasa, 19 Maret 2013

Harry: Banyak Permasalahan Hukum Hambat Pembangunan

Selasa, 19 Maret 2013 - 15:36:45 WIB
Harry: Banyak Permasalahan Hukum Hambat Pembangunan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Makassar) - CEO MNC Group Harry Tanoesoedibjo, M.BA mengatakan, banyak permasalahan hukum yang menghambat pembangunan di Indonesia.

"Dalam prakteknya, banyak hal-hal yang menghambat (korupsi) pembangunan nasional, tapi terlindung oleh aturan," kata Harry pada Simposium Nasional Hukum Pidana dan Kriminologi di Universitas Hasanuddin, Makassar, Selasa (19/03).

Sebagai gambaran, pembangunan jalan tol sepanjang 1.000 kilometer banyak yang tidak terbangun karena banyaknya "broker".

Dia mengatakan, pihaknya dalam ambil alih konsesi infrastruktur dan jalan tol ternyata sudah 16 tahun setelah proses awal perencanaan pembangunan.

"Jadi sudah sekian lama tidak terbangun, karena berbagai permasalahan, kemudian baru diserahkan," katanya.

Dia mengatakan, Indonesia sebenarnya kaya potensi dan sumber daya. Namun untuk memberantas persoalan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), ibarat menghadapi tembok.

Namun apabila memiliki idealisme dan mendapat dukung secara bersama-sama, lanjut dia, ini akan menjadi luar biasa untuk mendobrak tembok tersebut.

Sementara dari sisi penegakan hukum, dia mengatakan, masih lemah. Sebagai gambaran, pada penanganan kasus korupsi jika mengambil kekayaan negara 10, maka hasil keputusan atau vonis hanya mengembalikan satu atau dua ditambah hukuman badan.

"Padahal idealnya, menurut saya kalau mengambil sepuluh juga harus mengembalikan sepuluh ditambah hukuman badan, agar dapat memberikan efek jera," katanya.

Kehadiran Harry di Makassar selain menjadi keynote speaker pada simposium bertema "Rekonseptualisasi Politik Kriminal dan Perspektif Kriminologi dalam Penegakan Hukum di Indonesia", juga mengunjungi Kantor Hanura di Makassar. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar