About

Information

Selasa, 19 Maret 2013

Indonesia Urutan 50 Soal Daya Saing

Selasa, 19 Maret 2013 - 01:44:05 WIB
Indonesia Urutan 50 Soal Daya Saing
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Banjarbaru) -  Indonesia menempati peringkat 50 dalam daya saing antar negara dari 144 negara yang disurvey Forum Ekonomi Dunia lewat Global Growth Competitiveness Index.

"Indonesia menempati peringkat 50, tahun sebelumnya menduduki peringkat 46 dari 142 negara yang disurvey," ujar Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, di Banjarbaru.

Ia mengatakan hal itu di depan peserta sosialisasi Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Sinas) yang dilaksanakan di aula Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Menurut dia, peringkat itu jauh di bawah negara ASEAN lainnya seperti Singapura yang menduduki peringkat 2, Malaysia peringkat 25, Brunei peringkat 28, dan Thailand yang menempati peringkat 38.

"Penurunan peringkat itu memprihatinkan karena mencerminkan kemampuan teknologi suatu negara sehingga harus didorong agar kemampuan teknologi kita mampu sejajar dengan negara lain," ungkapnya.

Dilihat dari publikasi karya ilmiah, produktivitas ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia masih jauh dari memuaskan.

Publikasi internasional Indonesia selama kurun waktu 2001-2010 sebanyak 7.843 tulisan jauh dibanding Singapura, Thailand, dan Malaysia yang menghasilkan lebih dari 30.000 publikasi ilmiah.

"Itu semua menjadi tantangan kita bersama untuk bekerja lebih giat dalam berkarya, melakukan riset dan mendayagunakan hasil-hasil riset sehingga mampu bersaing dengan negara lain," katanya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar