About

Information

Senin, 11 Maret 2013

Jali Jali Hangatkan Berlin yang Bersalju

Minggu, 10 Maret 2013 - 10:43:47 WIB
Jali Jali Hangatkan Berlin yang Bersalju
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Tradisi 


Komhukum (Berlin) - Lagu Jali Jali dan tarian Topeng Betawi yang dibawakan para penari dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi DKI Jakarta mampu menghangatkan kota Berlin yang diliputi hujan salju, di pangung Alexa Shopping Mall, Berlin, Sabtu malam (9/03).

"Saya bangga bisa menampilkan kesenian Betawi kepada masyarakat Jerman yang datang di pusat perbelanjaan Mall Alexa,' ujar Hanny Herlina, salah seorang penari. Dikatakannya para pengunjung pusat perbelanjaan terbesar dan paling ramai di kota Berlin memberikan apresiasi yang cukup besar pada kesenian Betawi yang ditampilkan, bahkan ada yang ikut berjoget bersama.

Penampilan kesenian Pemda DKI Jakarta tersebut dalam rangkaian acara pameran pariwisata terbesar di dunia, ITB Berlin. Pada kegiatan itu juga memberikan brosur tentang pariwisata DKI Jakarta oleh Abang dan None Jakarta Rendy Wicaksana dan Reska Amalia kepada pengunjung shopping mall di kota Berlin.

Selain menampilkan Tari Topeng Betawi, Hanny beserta 12 penari lainnya dengan kreografer Arison Ibnur serta enam pemusik juga membawakan tarian betawi lainnya seperti Jali Jali, Kembang Kipas dan Kendong Betawi.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Propinsi DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan hampir setiap tahun Pemda DKI Jakarta mengirimkan misi keseniannya untuk mengisi acara kebudayaan di ITB Berlin apalagi Indonesia tahun ini menjadi "official country partner" penyelenggaraan pameran yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 10 Maret.

"Pemda DKI Jakarta memberikan dukungan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengirimkan tim kesenian dan kebudayaan untuk mengisi acara," ujar Arie Budhiman. Dikatakannya selain tampil mengisi acara di panggung Paviliun Indonesia di ITB Berlin, para penari dari IKJ dan binaan Pemda DKI, juga menampilkan kesenian Betawi di ruang public khususnya shopping Mall Alexa yang merupakan pusat perbelanjaan yang paling ramai di kota Berlin.

Menurut Arie Budhiman, sebagai "official partner country" , Indonesia diberikan kesempatan yang sangat luas untuk berpromosi baik dalam menampilkan seni budaya Indonesia juga dalam jamuan para pembukaan acara yang juga dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara None Jakarta, Reska Amalia mengatakan ia merasa bangga bisa memperkenalkan ibukota Indonesia, DKI Jakarta kepada masyarakat Jerman di Berlin khususnya mereka yang datang di pusat perbelanjaan terkemuka di Berlin.

Reska mengatakan selama bertugas sebagai None Jakarta, ia banyak memberikan informasi kepada masyarakat Jerman mengenai berbagai hal khususnya obyek wisata yang ada di ibu kota Jakarta. Di pangung yang berada di tengah Shopping Mall Alexa, juga ditampilkan ondel ondel yang berukuran besar. Tim kesenian DKI Jakarta melakukan pertunjukkan selama dua hari berturut-turut dalam dua kali pertunjukkan pada sore dan malam hari. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar