About

Information

Selasa, 26 Maret 2013

Jelang Pilkada Gubernur Meminta Kapolda Sumsel Tingkatkan Kinerja

Selasa, 26 Maret 2013 - 14:19:05 WIB
Jelang Pilkada Gubernur Meminta Kapolda Sumsel Tingkatkan Kinerja
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Palembang) - Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin meminta Kapolda Sumsel bisa meningkatkan kinerjanya menjaga keamanan menjelang pemilihan kepala daerah dan pemilu 2014 mendatang.

Ia mengatakan deteksi dini terhadap beberapa potensi konflik di setiap wilayah sangat penting sebelum mencuat menjadi sebuah pertikaian yang lebih besar, apalagi menghadapi pesta demokrasi dalam waktu dekat ini.

Ia menyampaikan, beberapa peristiwa yang pernah terjadi beberapa waktu terakhir seperti peristiwa Cinta Manis termasuk kasus pembakaran Mapolres OKU sangat berdampak terhadap rasa aman bagi masyarakat, juga berpengaruh terhadap prestasi investasi Sumsel sebelumnya.

"Sebelumnya sumsel adalah salah satu provinsi terbaik di luar pulau jawa sebagai wilayah tujuan investasi, namun dengan adanya beberapa peritiwa tersebut sedikit banyak berdampak terhadap investasi kita" Kata Alex Noerdin pada saat menghadiri Sosialisasi UU No. 02 tahun 2013 tentang Kamtibnas di Hotel Novotel Palembang dengan jajaran Polda dan TNI.

Ia menuturkan dua peristiwa besar yang terjadi di Sumsel sebelumnya merupakan PR bagi penegak hukum terutama dari kepolisian dan TNI, untuk meningkatkan pengawasan dini sebelum menjadi gejolak besar dan bisa berdampak terhadap banyak hal. Sebab jika itu terulang bukan saja berdampak terhadap pergerakan investasi tapi yang terpenting lainnya akan berdampak terhadap trauma berkepanjangan bagi masyarakat di daerah tersebut.

Makanya sebagai kepala daerah dirinya meminta jajaran kepolisian di bawah kepemimpinan Irjend Pol Iskandar Hasan untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap daerah yang berpotensi rawan konflik secara makismal jelang Pilkada Juni 2013 mendatang.

"Kalau konflik menjadi besar apalagi berbuntut kepada kerusuhan, maka akan sulit bisa pulih seperti semula," ucapnya.

Oleh karenanya dalam rangka mencegah konflik itu tidak terjadi, Alex menegaskan perlu ada koordinasi secara baik mulai dari jajaran kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, dan lapisan paling bawah.

"Saya harapkan jajaran kepolisian mampu melakukan itu dibantu TNI, sebab saya yakin kalau semua bekerja secara baik maka akan mudah melakukan diteksi secara dini sebagai upaya pencegahan," tegas Alex.

Lebih lanjut Alex menegaskan butuh biaya besar untuk memulihkan daerah konflik dan banyak yang dirugikan bila itu terjadi, makanya harus dicegah. Terlebih menjelang pilkada, potensi terjadi konflik sangat memungkinkan bisa terjadi.

"Menjelang pilkada yang akan berlangsung di empat daerah secara bersamaan dengan pilgub sangat memungkinkan terjadi benturan-benturan yang berdapak terhadap perpecahan antara kelompk yang satu dengan yang lain," terang Alex.

Oleh karenanya ia berharap jajaran Polda Sumsel dengan dibantu dari jajaran Kodam II Sriwijaya bisa meningkatkan kinerjanya  dalam menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif. (K-5/Adi)

0 komentar:

Posting Komentar