About

Information

Minggu, 24 Maret 2013

Kalau Beruntung Bisa Bertemu Lumba-lumba Teluk Kiluan

Sabtu, 23 Maret 2013 - 04:09:56 WIB
Kalau Beruntung Bisa Bertemu Lumba-lumba Teluk Kiluan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Bandarlampung) - Provinsi Lampung ternyata kaya dengan potensi wisata baharinya. Salah satu tourist destination yang lagi naik pamornya adalah Teluk Kiluan. Obyek wisata yang terhitung masih perawan ini terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Menuju lokasi ini setidaknya membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam perjalanan darat dari kota Bandar Lampung yang berjarak sekitar 90 Km. Masih minimnya sarana jalan menuju Teluk Kiluan tidak menyurutkan niat para pelancong untuk menyambanginya.

Menuju tempat ini melalui jalan darat juga tidak mudah karena medan jalan yang dilalui adalah naik turun bukit dengan kondisi jalan rusak, bahkan terkadang tidak ada aspalnya alias off road! Inilah tipikal medan jalan di pesisir pantai barat Sumatera.

Sesampainya di Teluk Kiluan, dijamin semua kelelahan anda terbayar dengan panorama dan keasrian alam yang disajikan. Jangan berharap ada hotel atau resort di tempat ini, yang ada hanya rumah panggung atau gubuk milik warga setempat yang bisa disewa untuk bermalam.

Bawalah bekal makanan dan air minum yang cukup karena letak Teluk Kiluan yang terpencil dan jauh dari pusat keramaian. Menginap di gubuk yang disulap menjadi guest house pun juga seru lho. Tarif akomodasi ala kaki lima ini sekitar Rp. 150.000 / kamar yang bisa dihuni sekitar 5 – 6 orang. Bila dengan makan, biaya tambahannya sekitar Rp. 15.000 / orang dengan lauk ikan segar dari laut….hmm, mantap!

Tiba waktunya menjelajahi Teluk Kiluan! Mulailah dengan acara dolphin hunting alias bercengkerama dengan ikan lumba-lumba yang eksotis. Untuk aktivitas yang satu ini, kita harus menyewa jukung / perahu ketinting yang bisa disewa dengan harga Rp. 250.000 untuk 3 jam perjalanan. Namun begitu, bagi yang takut naik perahu disarankan membawa life vest sendiri.

Maklum saja karena perahu kecil ini hanya berkapasitas 4 orang dan harus berlayar ke laut lepas untuk menuju meeting point lumba-lumba tersebut. Bila cuaca baik dan arus laut bersahabat, ikan lumba-lumba ini akan menampakan diri sembari mencari makan sekitar jam 06.00 – 09.00 di pagi hari. Anda akan dihibur oleh kehadiran lumba-lumba berjenis Hidung Botol dan Paruh Panjang yang merupakan penghuni perairan Teluk Kiluan.

Tujuan berikutnya adalah Pulau Kiluan. Pulau seluas sekitar 5 hektar ini merupakan cagar alam perawan yang nyaris belum terjamah tangan manusia. Pasir pantainya yang halus membuat kita ingin berlama-lama singgah di pulau terpencil ini. Bahkan pulau kecil ini dihuni oleh beberapa primata langka yang diklaim bersahabat dengan manusia, sebut saja Siamang, Simpai, serta Kukang.

Jangan tanya kalau primata-primata ini bercengkerama, suaranya berisik dan bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lain. Seandainya kita beruntung juga, pada malam bulan purnama banyak penyu hijau dan penyu sisik yang transit ke Pulau Kiluan untuk bertelur. Oh ya menuju pulau ini dari pesisir pantai daratan Sumatera ongkosnya murah kok, hanya Rp. 15.000 / orang dengan perahu jukung / ketinting.

Setidaknya berkunjung ke kawasan Kiluan di Provinsi Lampung bisa melepaskan kita dari kepenatan dan hiruk-pikuk kehidupan perkotaan sejenak, sembari bersyukur atas semua ciptaanNYA yang boleh kita nikmati di seputaran pesisir pantai selatan Sumatera ini. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar