About

Information

Selasa, 26 Maret 2013

Komnas HAM Investigasi di Lapas Cebongan

Selasa, 26 Maret 2013 - 15:33:31 WIB
Komnas HAM Investigasi di Lapas Cebongan 
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Sleman) - Komisi Nasional Hak Asazi Manusia, Selasa (26/03) siang, mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk melakukan investigasi insiden penyerangan kelompok bersenjata yang menewaskan empat tahanan pada Sabtu (23/03).

Ketua Komisi Nasional Hak Asazi Manusia Siti Nurlela mengatakan maksud kedatangannya ke Lapas Cebongan Sleman untuk mengumpulkan data dan informasi serta bukti-bukti dalam insiden tersebut.

"Selain di Lapas Cebongan ini kami juga akan bertemu dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah daerah dalam kasus ini," tuturnya.

Ia mengatakan, Komnas HAM baru akan mulai penyelidikan dalam kasus ini, sehingga harus klarifikasi kepada sumber-sumber terkait.

"Setelah itu, kami baru akan merekonstruksi dan melakukan analisa. Data awal yang akami pegang hanya informasi peristiwa penyerangan di Lapas Cebongan, Sleman," ucapnya.

Menurutnya, persoalan ini adalah masalah serius, di mana di lembaga negara yang seharusnya dalam perlindungan, tetapi tidak bisa terlindungi.

"Yang kedua, kasus ini menyangkut hak hidup masyarakat. Yang akan kami lakukan berkaitan dengan temuan untuk rekomendasi atas temuan di masyarakat," tukasnya.

Siti mengatakan, tim Komnas HAM yang datang ini merupakan tim pemantau untuk respon cepat atas peristiwa yang terjadi.

"Semua yang ada indikasi keterlibatan akan dilakukan penyelidikan, termasuk pemindahan tahanan dari Polres Sleman ke Polda DIY dan dari Polda ke Lapas Cebongan. Bagaimana apakah pengamanan sudah sesuai prosedur atau belum," paparnya.

Ia mengemukakan, kasus ini merupakan masalah serius dan pihaknya juga akan mendatangi keluarga korban untuk mengumpulkan data dan informasi.

"Ini masalah serius, karena ada pembunuhan di luar putusan pengadilan. Hukum baru akan diproses, tapi sudah dieksekusin," tegasnya.

Tim Komnas HAM yang datang di Lapas Cebongan ini sebanyak empat orang yakni selain Siti Nurlela juga Koordinator Biro Penegakan HAM Sriyana, serta staf penyelidik Mimin dan Arif Setyabudi.

"Komnas HAM hanya menjalankan tugas tanpa melihat institusi yang terlibat, Komnas HAM punya cara. Dalam tiga hari ini akan kumpulkan alat bukti," katanya. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar