About

Information

Kamis, 21 Maret 2013

Lempah Kuning Yang Serba Kuning Dan Nikmat

Kamis, 21 Maret 2013 - 13:47:37 WIB
Lempah Kuning Yang Serba Kuning Dan Nikmat
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Kuliner 


Komhukum (Jakarta) - Merunut kepada letak geografisnya yang dikelilingi oleh lautan terbuka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) memiliki banyak hidangan lezat berbahan dasar tangkapan hasil laut. 

Hal ini masih ditambah lagi dengan kepiawaian masyarakat lokal Babel yang gape dalam mengolah bahan seafood dan pengaruh budaya Melayu dalam tradisi kulinernya.

Bagi para pengunjung yang pernah berkunjung ke Babel, hampir pasti sudah mencicipi suatu hidangan yang bernama Lempah Kuning. Wujudnya berupa hidangan berkuah dengan bahan utamanya adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri yang dimasak bersama beberapa bumbu rempah-rempah dengan rasa kunyit yang dominan. 

Selain mantap dinikmati dengan nasi putih yang hangat mengepul, hidangan Lempah Kuning ini konon bakalan lebih nendang bila disantap bersama sambal terasi (terasi/belacan khas Babel tentunya) dan lalapan pucuk ubi (bahan utamanya pucuk daun singkong). 

Bila anda menyantapnya saat sedang lapar berat, dijamin sepiring nasi dan seporsi Lempah Kuning belum akan memuaskan rasa lapar anda...bakalan nambah terus!

Nah di balik rasa lezat hidangan Lempah Kuning, ternyata banyak nilai budaya Babel yang terkandung dalam masakan ini. Masakan Lempah Kuning merupakan hidangan penting yang pasti hadir dalam setiap upacara keagamaan maupun acara adat setempat. Memasaknya pun juga mengandung nilai kebersamaan yang besar lho. Karena mayoritas hidangan Lempah Kuning dimasak dalam jumlah besar saat akan berlangsungnya suatu acara besar, maka dibutuhkan tenaga yang banyak juga untuk memasaknya. 

Cara makannya pun juga biasanya dengan cara disantap beramai-ramai. Tapi jangan kuatir anda tidak kebagian saat berkunjung ke Babel. Cari saja warung atau rumah makan yang menyediakan kuliner khas Babel, di tempat itu pasti juga menyediakan hidangan Lempah Kuning. (K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar