About

Information

Selasa, 19 Maret 2013

Pengembangan Bandara Soetta Rp. 4,7 Triliun

Selasa, 19 Maret 2013 - 00:45:36 WIB
Pengembangan Bandara Soetta Rp. 4,7 Triliun
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Angkasa Pura II dengan konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO melakukan penandatanganan kerja sama pengembangan terminal III (T3 Ultimate) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, dengan nilai proyek sebesar Rp. 4,7 triliun.

"Diprediksi, proyek ini dapat selesai dan dapat dioperasikan pada awal tahun 2015," kata Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Tri S. Sunoko disela-sela penandantangan kerja sama dengan Kawahapejaya Indonesia KSO di Kantor Pusat Bandara Soekarno-Hatta, Senin (18/03).

Dikatakannya, pengembangan terminal III akan dikerjakan oleh 10 perusahaan yang tergabung dalam konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO seperti PT Wijaya Karya, PT Waskita Karya, PT. Pembangunan Perumahan, PT. Jaya Teknik, PT. Indulexco, PT. GMDI, PT. Atelier 6 Arsitek yang tergabung dalam woodhead, aecum dan kontraktor Hyundai.

Adapun lamanya pengerjaan pengembangan terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, akan memakan waktu selama 850 hari. Dengan begitu, pengembangan terminal III dapat dioperasikan tahap I pada September 2014 sehingga menambah kapasitas sebanyak delapan juta penumpang per tahun. Sedangkan tahap II ditargetkan selesai pada Januari 2015 dan mampu menambah kapasitas daya tampung menjadi 21 juta penumpang per tahun.

Sementara untuk tahap III diharapkan selesai pada Juli 2015 dan mampu menambah kapasitas daya tampung menjadi 25 juta penumpang per tahun. Trisonoko menambahkan, kondisi sebelum pengembangan yakni seluas 34 ribu meter persegi dengan daya tampung empat juta penumpang per tahun.

Namun, pasca dilakukannya pengembangan maka luas area bangunan terminal menjadi 354 ribu meter persegi dengan lahan parkir 88 ribu meter persegi, VIP tujuh ribu meter persegi. "Daya tampungnnya bisa mencapai 25 juta penumpang per tahun," ujarnya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar