About

Information

Jumat, 01 Maret 2013

Pianis Klasik Van Cliburn Tutup Usia

Jumat, 01 Maret 2013 - 10:53:35 WIB
Pianis Klasik Van Cliburn Tutup Usia
Diposting Oleh : Administrator 

Komhukum (New York) - Van Cliburn yang dikenal sebagai pianis klasik ternama di Amerika Serikat, tutup usia pada usia 78 di kediamannya di Texas, setelah menjalani perawatan kanker tulang.

Nama Cliburn menanjak setelah memenangkan kompetisi piano internasional Tshaikovsky di Uni Soviet pada masa "perang dingin" tahun 1958 kemudian namanya diabadikan sebagai ajang kompetisi piano internasional yang bergengsi, Van Cliburn International Piano Competitian yang diselenggarakan di Fort Worth, Texas sejak 1962.

Pianis tuna netra Nobuyuki Tsujii memenangkan kompetisi Van Cliburn tahun 2009 dan menjadi pianis Jepang pertama yang meraih prestasi tersebut.

Cliburn lahir tahun 1934 di Louisiana, belajar musik di Jilliard School di New York dan dielu-elukan setelah meraih kemenangan pada kompetisi Tshaikovsky, sampai-sampai ia disambut sekitar 100 ribu orang dalam pawai di Manhattan untuk merayakan kepulanganya, tulis The New York Times edisi online.

Cliburn menerima Medali Kebebasan dari Presiden AS pada 2003, yang merupakan penghargaan tertinggi bagi warga sipil di AS, dan tahun berikutnya memperoleh penghargaan Persahabatan dari Presiden Rusia, Vladimir Putin. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar