About

Information

Jumat, 08 Maret 2013

Siswa Berprestasi Daerah Terpencil Diapresiasi BUMN

Jumat, 08 Maret 2013 - 06:49:13 WIB
Siswa Berprestasi Daerah Terpencil Diapresiasi BUMN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Sebanyak 24 BUMN menggelar "BUMN Peduli Pendidikan, Apresiasi Guru dan Siswa Berprestasi" dengan memberikan apresiasi kepada sekitar 150 orang, terdiri atas guru dan siswa berprestasi dari daerah terpencil, pulau terdepan dan perbatasan Indonesia.

Apresiasi secara simbolis diberikan berupa jaringan internet, dana pendidikan, dana pembangunan sekolah yang diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (7/03).

Sinergi BUMN Peduli Pendidikan tersebut, memiliki tiga program besar yaitu pemberian apresiasi 'Apresiasi Guru dan Siswa Berprestasi' berupa renovasi gedung sekolah, dan bantuan buku-buku perpustakaan.

Pada kesempatan itu Dahlan langsung berbincang dengan siswa dan guru yang berasal dari 15 kabupaten yaitu Liran, Nagalema, Bima, Matawai, Meuramba, Atambua, Soe, Kupang, Ketapang, Mandailing Natal, Nias Selatan, Konawe, Semulue, Sarmi Liki dan Raja Ampat. 

Dialog berlangung hangat, karena Dahlan meladeni para siswa dan guru mulai dari keluhan kekurangan fasilitas pendidikan, kekurangan tenaga pengajar, ketiadaan listrik, hingga sarana transportasi ke sekolah. Seluruh peserta program BUMN Peduli Pendidikan tersebut akan mendapatkan penghargaan dari BUMN berupa piagam dari Menteri BUMN, perangkat teknologi informasi dan komunikasi, pelatihan internet.

Selama berada di Jakarta, peserta melakukan studi banding ke percontohan, kunjungan ke Museum Iptek, dan serangkaian kegiatan wisata budaya seperti Taman Mini Indonesia Indah, Trans Studio Bandung dan Dunia Fantasi. BUMN Peduli Pendidikan ini dikoordinasi PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), dengan donasi lainnya meliputi Angkasa Pura, Aneka Tambang, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, PT. INTI, Jamsostek, Jasa Marga, Krakatau Steel, Kimia Farma, Pelindo III, Asabri, Pertamina.

Selanjutnya, PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN VI, PTPN XI, Pupuk Kujang, Pupuk Kaltim, Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Petro Kimia Gresik, PT Telkom dan Timah. Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoto mengatakan, BUMN berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan untuk mengeliminir kesenjangan, sehingga kemapanan tekonologi dapat terus berkembang yang berujung pada peningkatan kualitas SDM di wilayah terpencil.

Sebelum acara penyerahan apresiasi tersebut, seluruh siswa dan guru pada pagi hari pukul 05:30 WIB menyempatkan diri melakukan senam pagi bersama Dahlan Iskan di Lapangan Monas. Di sela-sela dialog tersebut, sejumlah perwakilan murid menampilkan tarian tradisional. Ketika peserta dari Raja Ampat menggelar tari dan lagu asal Papua, Sajojo, Dahlan pun ikut naik panggung mengikuti gerakan-gerakan tari tersebut. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar