About

Information

Rabu, 13 Maret 2013

"Tarian Udara" Akan Disuguhkan dalam HUT ke-67 TNI AU

Rabu, 13 Maret 2013 - 20:40:50 WIB
"Tarian Udara" Akan Disuguhkan dalam HUT ke-67 TNI AU
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Tidak jauh-jauh dari profesionalitas dan profisiensi yang jadi persyaratan inti; TNI AU akan menyuguhkan "tarian-tarian di udara" sebagai bagian dari peringatan HUT ke-67 Swabhuwana Pakca itu, pada 9 April nanti. 

Publik Jakarta dan sekitarnya bisa melongok ke udara pada pagi hari, menyaksikan latihan-latihan dua tim aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team dengan KT-1 Wong Bee-nya dan Team Dynamic Pegasus. Tim aerobatik pertama terdiri dari para instruktur Skuadron Pendidikan 102 dari Pangkalan Udara Utama TNI AU Adi Sucipto, Yogyakarta.

Yang kedua, satu-satunya tim aerobatik di Asia terdiri dari helikopter-helikopter ringan, diterbangkan penerbang-penerbang helikopter Skuadron Udara 7 berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Suryadarma, Kalijati, Jawa Barat. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Azman Yunus, di Jakarta, Rabu (13/03) mengatakan, "Tim aerobatik Jupiter melakukan tarian udaranya dengan beberapa manuver di antaranya Jupiter Roll, LoopXClover Leap, Mirror, Tango, dan Jupiter Roll Back. Juga Hi G TurnRoll Slide dan Break Off."

Sementara Tim Dynamic Pegasus menggunakan tujuh pesawat helikopter EC-120 Colibri dengan manuver yang akan ditampilkan antara lain Pegasus Cross, Head On, Water Fall, Pegasus Love Tactical, Humming Bird Kiss dan Sparkling.

Bukan cuma tarian di udara oleh penerbang-penerbang TNI AU itu, karena 200 peterjun payung berkualifikasi Para Lanjut Tempur dari Korps Pasukan Khas TNI AU akan membuat langit Jakarta seperti penuh cendawan warna-warni dalam penerjunan memakai tiga C-130 Hercules dari Skuadron Udara 31.

"Bahkan ada demonstrasi ketepatan mendarat. Sasaran pendaratannya adalah perahu karet di darat; sangat sempit dan licin sehingga memerlukan keahlian tinggi tersendiri," kata Yunus. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar