About

Information

Selasa, 18 Juni 2013

Imigrasi Malaysia Tahan Puluhan WNI

Selasa, 18 Juni 2013 - 12:57:07 WIB
Imigrasi Malaysia Tahan Puluhan WNI
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kuala Lumpur) - Petugas imigrasi Malaysia menahan 24 warga Indonesia yang mencoba menyelundup keluar ke negara asal melalui Sungai Tiram, Ulu Tiram, Johor Bahru.

Sebelum operasi dilakukan, sekelompok orang mengekori tiga kendaraan yang dinaiki petugas imigrasi dan menabrak kendaraan paling belakang.

Pejabat imigrasi Khairul Anuar Abu Bakar seperti dikutip media-media lokal, Selasa (18/06) mengatakan, tindakan tersebut tidak menyurutkan langkah petugas bahkan pihaknya meneruskan perjalanan ke Sungai Tiram yang dijadikan lokasi penyelundupan pendatang asing tanpa izin (PATI).

"Setiba di lokasi, kita dapati kebanyakan PATI tengah bersiap untuk dipindahkan ke sebuah kapal motor yang menanti. Saat menyadari kehadiran kami, semua PATI dan tekong yang sedang membagikan makanan melarikan diri," katanya.

Menurut Khairul Anuar, sebanyak delapan orang ditahan di lokasi serbuan dan selebihnya di dalam rumah transit khusus yang disediakan tekong di kawasan berdekatan.

Sungai Tiram dijadikan lokasi transit terbaru oleh sindikat untuk menyelundupkan keluar PATI ke Indonesia.

Dalam operasi tersebut, petugas juga menyita dua buah sepeda motor yang digunakan sindikat untuk memantau kehadiran petugas.

Hasil pengusutan pihak berwenang mendapati, sindikat tersebut meminta bayaran 500 hingga 1.000 ringgit kepada tekong yang membawa PATI keluar secara ilegal menggunakan kapal motor dari Sungai Tiram ke Indonesia.

Para PATI yang ditahan tersebut dibawa ke Depo Tahanan Imigrasi Pekan Nanas untuk tindakan susulan dan kasus tersebut diusut berdasar UU Imigrasi 1959/63 dan Anti Penyelundupan Migran 2007. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar