About

Information

Jumat, 28 Juni 2013

Uzbekistan Musnahkan 1,5 Ton Narkoba Sitaan

Jumat, 28 Juni 2013 - 01:19:37 WIB
Uzbekistan Musnahkan 1,5 Ton Narkoba Sitaan 
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Tashkent) - Aparat penegak hukum Uzbekistan memusnahkan dengan cara membakar lebih dari 1,5 ton narkoba sitaan, termasuk hampir 200 Kg heroin Afghanistan, ketika negara itu memerangi penyelundupan obat bius di Asia Tengah.

Narkoba itu dibakar di dalam tungku peleburan pabrik logam era Sovyet di luar Tashkent, ibu kota Uzbekistan, dengan disaksikan para pejabat PBB, diplomat dan wartawan.

"Obat bius itu dihancurkan setelah digunakan sebagai barang bukti dalam persidangan penyelundup narkoba," kata Olimjon Turakulov, juru bicara Badan Keamanan Nasional Uzbekistan.

"Obat bius asal Afghanistan datang melalui Tajikistan dan Kyrgyzstan, serta langsung dari Afghanistan di seberang sungai Amudaria di provinsi wilayah selatan, Surkhandaria," katanya kepada wartawan.

Lebih dari 8.150 kasus kriminal dibuka terkait dengan penyelundupan narkoba di Uzbekistan pada tahun 2012. Sekitar 136 warga asing ditangkap atas tuduhan mengedarkan obat bius.

Uzbekistan berbatasan dengan Afghanistan, penghasil ganja dan heroin terbesar dunia, dan berada di salah satu rute utama pengiriman obat bius ilegal ke Rusia dan Eropa barat.

"Meski situasi menyeluruh dalam pelanggaran dan penyelundupan narkoba di Asia Tengah tetap stabil, penarikan pasukan AS dari Afghanistan pada tahun 2014 bisa menimbulkan masalah baru," kata Asif Majeed, seorang pejabat regional Kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan.

"Di daerah pengendalian narkoba, ada tantangan besar di depan kita," katanya, dengan menambahkan bahwa upaya lebih lanjut diperlukan setelah penarikan pasukan AS itu.

Sejak tahun 1994 Uzbekistan membakar 50 ton narkoba dalam upaya memerangi penyelundupan obat bius ilegal, menurut para pejabat Uzbekistan. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar