About

Information

Sabtu, 29 Juni 2013

Tim Robot PENS Wakili Indonesia di RoboCup Belanda

Sabtu, 29 Juni 2013 - 01:55:37 WIB
Tim Robot PENS Wakili Indonesia di RoboCup Belanda
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Tim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), mewakili Indonesia dalam kompetisi bergengsi RoboCup Soccer yang diselenggarakan Eindhoven University of Technology di kota Eindhoven, Belanda dari tanggal 26 hingga 30 Juni mendatang.

Dalam acara kompetisi robot se-dunia RoboCup yang diadakan setiap tahun Tim PENS mengikuti kategori Humanoid League KidSize (tinggi 30-60cm), demikian Ketua Bidang Media Informasi dan Komunikasi di PPI Belanda, Ryvo Octaviano.

RoboCup merupakan proyek dunia yang memiliki tujuan "Merancang robot yang bisa bermain bola seperti manusia dan bisa mengalahkan juara dunia sepak bola di tahun 2050".

Delegasi dari Indonesia ini beranggotakan 10 orang yang terdiri dari enam mahasiswa selaku peserta dan empat dosen pembimbing. Keenam mahasiswa itu adalah Azhar Aulia Saputra, Ardiansyah Al Farouq, Amirul Huda Al Khusna, Edwin Aditya Herbanu, Dimas Pristovani Riananda, dan Hans Bastian Prayogo. Sedangkan pembimbing adalah Achmad Subhan Khalilullah, Endra Pitowarno, Eko Henfri Binugroho, dan Dwi Kurnia Basuki.

Delegasi Indonesia yang tiba di bandara Schiphol, Amsterdam langsung menuju kota Eindhoven untuk melakukan registrasi dan uji coba lapangan. Pertandingan dibagi menjadi beberapa babak. Pada babak pertama terdapat delapan grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Total tim yang bertanding pada kategori ini ada 24 yang berasal dari berbagai macam negara seperti Amerika, Jepang, Canada, China, Jerman, India, Israel dan lainnya.

Pertandingan pertama EROS yang merupakan nama dari tim PENS berhadapan dengan Cyberlords La Salle dari University La Salle, Mexico. Pada pertandingan pertama ini tim EROS mendominasi jalannya pertandingan dan menutup game dengan hasil menang mutlak 10-0. Pertandingan ini berjalan sangat menarik para penonton sangat antusias dan sempat diliput langsung oleh komentator RoboCup.

Pada pertandingan kedua jam tiga sore waktu setempat, tim EROS berhadapan dengan tim SNOBOTS dari University of Manitoba, Canada. Lagi-lagi tim EROS kembali menunjukkan keperkasaannya di lapangan hijau ukuran 6x4 m.

PENS Indonesia unggul dengan skor 5-0 setelah peluit panjang. Dengan hasil ini Tim EROS memiliki enam poin setelah menang dua pertandingan dan menjadi juara Grup E dan berhak masuk ke babak selanjutnya yaitu babak 16 besar. Jika berjalan dengan lancar tim EROS dari PENS dapat terus mengukir gol dan mempersembahkan gelar bergengsi kepada Indonesia. Mari kita dukung tim Eros bertanding pada kompetisi RoboCup 2013 di Eindhoven. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar