About

Information

Jumat, 28 Juni 2013

KPK Diharapkan Berani Seret Aktor Intelektual Kasus Century

Jumat, 28 Juni 2013 - 11:10:37 WIB
KPK Diharapkan Berani Seret Aktor Intelektual Kasus Century
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Korupsi 


Komhukum (Jakarta) - Anggota Komisi III DPR, Aboe Bakar Al Habsy, menghargai itikad Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menuntaskan penanganan kasus Bank Century sebelum Pemilu 2014.

"Itu berita baik, bila Ketua KPK memang memiliki itikad untuk segera menyelesaikan perkara Century," katanya kepada media di Jakarta, Jumat (28/06).

Menurutnya, tekad KPK ini merupakan dambaan semua anak bangsa untuk menghancurkan mata rantai memakan uang rakyat di negeri ini.

"Publik berharap KPK punya nyali untuk menyeret aktor intelektual kasus tersebut ke pengadilan," tambahnya.

Politisi PKS itu juga menyebut penggeledahan yang dilakukan penyidik KPK di kantor Bank Indonesia pada Senin 24 Juni lalu, sebagai satu langkah kemajuan.

"Saya kira itu langkah positif, meskipun banyak yang mempertanyakan kenapa tidak dari dulu-dulu dilakukan. Memang banyak yang mengkritik ini sebagai langkah lambat," jelasnya.

Dia berharap pelan tapi pasti KPK bisa menuntaskan kasus Bank Century dan mengungkap aktor intelektual korupsi dalam pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek untuk bank itu.

"Sebenarnya penanganan kasus ini tidak kejar target. Kalau orang Jawa bilang, alon-alon waton kelakon (pelan-pelan asal tercapai)," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad optimistis penyidikan kasus dugaan korupsi pemberian dana talangan ke Bank Century dapat diselesaikan sebelum pelaksanaan pemilu 2014.

"Insya Allah penyidikannya selesai sebelum pemilu. Setelah selesai insya Allah akan kami bawa kasus Century ke pengadilan. Sabar saja, yang pasti kami ingin menyelesaikan kasus ini secepatnya," kata Abraham Samad di sela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (27/06).

Abraham Samad mengatakan hal itu menjawab pertanyaan pers, menyusul hasil penggeledahan tim penyidik KPK di Gedung Bank Indonesia pada Selasa hingga Rabu, 25-26 Juni 2013.

Hasil penggeledahan tersebut, tim penyidik dan satgas KPK membawa sekitar 20 kardus dokumen menggunakan tiga unit mobil. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar