About

Information

Jumat, 28 Juni 2013

Rusia Tuding Arab Saudi Persenjatai "Teroris" Suriah

Jumat, 28 Juni 2013 - 09:28:14 WIB
Rusia Tuding Arab Saudi Persenjatai "Teroris" Suriah
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Moskow) - Rusia menuduh Arab Saudi dan beberapa negara Teluk lainnya mendanai "teroris dan esktrimis internasional" dalam konflik Suriah.

Pernyataan marah Moskow itu muncul dalam menanggapi tuduhan-tuduhan oleh Pangeran Saud al-Faisal, Menteri Luar Negeri Saudi, bahwa Rusia bertanggung jawab untuk pembunuhan massal di Suriah karena dukungan militer untuk rezim di sana.

"Tentu saja, kita tidak akan membenarkan diri kita sendiri di hadapan orang. Sikap mendasar kami pada Suriah sudah diketahui dengan baik," kata kementerian luar negeri Rusia dalam satu pernyataan, Kamis (27/06).

"Pada saat yang sama, sejumlah ibu kota, termasuk Riyadh, sayangnya tidak malu menggunakan segala macam metode dan kontak, termasuk dengan pembiayaan dan mempersenjatai teroris dan ekstrimis internasional," kata pernyataan kementerian itu.

"Tindakan tersebut harus benar-benar dihentikan." Presiden Suriah Bashar al-Assad mengacu oposisi bersenjata sebagai teroris, sikap yang didukung oleh Moskow.

Rusia memasok sekutu Timur Tengahnya itu dengan senjata-senjata strategis berdasarkan kontrak yang ditandatangani sebelum konflik pecah pada bulan Maret 2011.

"Pihaknya juga memblokir serangkaian resolusi Dewan Keamanan PBB mengutuk Bashar untuk kekerasan," kata pemantau yang berbasis di Inggris yang kini telah menewaskan lebih dari 100.000 jiwa. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar