About

Information

Jumat, 07 Juni 2013

Kadin Dukung Upaya Pemprov DKI di PRJ

Jumat, 07 Juni 2013 - 07:06:10 WIB
Kadin Dukung Upaya Pemprov DKI di PRJ
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong lebih banyak lagi usaha kecil dan menengah yang terlibat dalam perhelatan Pekan Raya Jakarta (PRJ).

"Kadin Indonesia mendukung upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong pelaku UKM mengisi 70 persen PRJ," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM dan Koperasi Erwin Aksa di Jakarta, Kamis (6/06).

Erwin mengemukakan hal tersebut seiring dengan pernyataan Pemprov DKI Jakarta yang ingin agar PRJ menyediakan area 60--70 persen bagi para pelaku UKM.

Erwin mengatakan bahwa akses pasar pelaku UKM saat ini masih sangat sempit sebab pameran sejenis kerap dilakukan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar dan pelaku UKM dari pihak asing.

Pelaku UKM selalu tersingkir, menurut dia, gara-gara tidak punya anggaran yang cukup untuk membeli area ekspo. "Etalase-etalase di pameran-pameran lebih banyak diisi oleh produk-produk dari perusahaan besar. Bila pun ada pameran berskala besar untuk UKM, yang isi selalu UKM asing sebab mereka mampu membeli lahan eksponya," ujarnya.

Erwin mencontohkan UKM asing yang rajin mengadakan pameran di Ibu Kota Indonesia adalah para UKM dari negeri China, seperti perusahaan pembuat peralatan mesin dan suku cadang.

Erwin mengusulkan Jakarta Fair ini dapat dijadikan ajang pameran UKM bertaraf internasional dan terbesar. Bila perlu se-Asean, agar pameran itu dapat dijadikan salah satu upaya menaikkan kapasitas usaha kecil ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan seharusnya ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair menjadi sebuah pesta bagi warga Jakarta sehingga tidak boleh berkesan komersial.

"PRJ itu seharusnya menimbulkan kesan sederhana tetapi tetap meriah, bukannya malah elite dan komersial. Karena, ajang tersebut sebenarnya merupakan pesta rakyat Jakarta," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (3/6).

Pada dasarnya, lanjut Basuki, Pemerintah Provinsi DKI ingin menjadikan PRJ sebagai pesta rakyat Jakarta sehingga benar-benar merakyat dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar