About

Information

Rabu, 26 Juni 2013

Mahal, Aplikasi Adobe Bajakan Tersebar di Internet

Rabu, 26 Juni 2013 - 02:13:24 WIB
Mahal, Aplikasi Adobe Bajakan Tersebar di Internet
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Jakarta) - Piranti-piranti lunak anti-pembajakan produksi Adobe, seperti Photoshop, telah muncul di situs berbagi file The Pirate Bay dalam dua hari setelah diluncurkan.

Mashable melaporkan versi bajakan Photoshop dan aplikasi-aplikasi lain Adobe tersedia di The Pirate Bay dalam dua hari setelah produsen itu meluncurkan layanan langganan piranti lunak baru pada awal pekan lalu. "Alasannya sederhana: aplikasi-aplikasi Adobe mahal dan mereka (Adobe) terbaik tentang apa yang mereka lakukan," sebut Paul Wagenseil dari Masable.

Adobe telah mengganti model penjualan aplikasi pengolahan fotonya dari bentuk kepingan compact disc (CD) ke bentuk langganan berbasis komputasi awan yang disebut Adobe Creative Cloud menyusul pembajakan atas aplikasi Adobe dalam dua dekade terakhir.

Perusahaan yang bermarkas di California AS itu kemudian menarik biaya 20 dolar AS untuk satu aplikasi per bulan atau 50 dolar AS untuk semua aplikasi Adobe Creative Suite per bulan. Namun, aplikasi-aplikasi versi Creative Cloud seperti Photoshop, Adobe Premiere, Flash Profesional, Dreamweaver, Flash Professional, dan After Effects itu juga muncul di The Pirate Bay.

Wagenseil mengingatkan versi bajakan aplikasi Adobe di The Pirate Bay mungkin mengandung piranti lunak berbahaya (malware) atau piranti lunak pengintai (spyware). Pihak Adobe pun belum memberikan komentar terkait produk-produk piranti lunaknya yang terdapat di The Pirate Bay.  (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar