About

Information

Kamis, 20 Juni 2013

Muhammadiyah Keluarkan Instruksi Puasa 9 Juli

Kamis, 20 Juni 2013 - 08:48:29 WIB
Muhammadiyah Keluarkan Instruksi Puasa 9 Juli
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Bojonegoro) - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengeluarkan instruksi mengenai awal puasa Ramadhan 1434 H mengacu pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yaitu tanggal 9 Juli.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Bojonegoro Zainuddin, Kamis (20/06), mengatakan instruksi awal puasa Ramadhan mengacu pada Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah disampaikan kepada jajaran pengurus Muhammadiyah di kecamatan dan desa.

Ia menyebutkan mengenai hasil perhitungan awal puasa Ramadhan tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 04/MLM/I.0/E/2013 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah 1434 H.

"Sosialisasi awal puasa bulan Ramadhan mengacu Maklumat PP Muhammadiyah ada yang kami sampaikan secara langsung melalui pertemuan juga melalui surat ke pengurus kecamatan untuk diteruskan ke desa sejak sehari lalu," jelasnya.

Mengutip Maklumat PP Muhammadiyah, ia menyebutkan sesuai hasil hisab 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Selasa Wage, 9 Juli 2013 M, dan 1 Syawal jatuh pada hari Kamis Wage 8 Agustus 2013 M.

"Pada waktu matahari terbenam tanggal 8 Juli di Yogyakarta, maka hilal sudah wujud," katanya, menegaskan.

Namun, ia mengakui hilal yang sudah wujud di Yogyakarta sesuai hisab kemungkinan akan sulit dilihat dengan mata telanjang karena tertutup mendung.

"Kemungkinan akan ada perbedaan masyarakat di Indonesia dalam mengawali puasa, tapi kalau Hari Raya Idul Fitri 1434 H kemungkinan akan bersamaan," tuturnya.

Ia menambahkan pihaknya melalui Lembaga Hisab Al Falakiyah Bojonegoro juga mengeluarkan hasil hisab mengenai awal puasa bulan Ramadhan yang juga disampaikan kepada warga Muhammadiyah di daerahnya.

Hanya saja, katanya, kepentingan dikeluarkannya hasil hisab awal puasa bulan Ramadhan itu untuk perhitungan jadwal waktu masuknya shalat lima waktu termasuk jadwal imsak.

"Sesuai hasil hisab jumlah puasa selama 30 hari. Tapi kami tetap menghormati umat Islam yang melaksanakan awal puasa dengan waktu yang berbeda," katanya. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar