About

Information

Selasa, 18 Juni 2013

Sekolah Nigeria Diserang, 11 Orang Tewas

Selasa, 18 Juni 2013 - 08:36:12 WIB
Sekolah Nigeria Diserang, 11 Orang Tewas
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Maiduguri) - Militan menyerang sebuah sekolah menengah dan pos pemeriksaan militer di wilayah timur laut Nigeria, menewaskan 11 orang, termasuk tujuh pelajar, kata militer, Senin (17/06).

Rincian mengenai insiden itu masih simpang-siur dan konfirmasi independen tidak bisa diperoleh. Saluran telefon terputus di banyak tempat di wilayah timur laut sejak dimulainya serangan  militer terhadap kelompok militan Boko Haram pada 15 Mei dan akses ke daerah itu terbatas.

Militan dikabarkan menyerang pelajar di tempat tinggal mereka pada Minggu malam di kota Damaturu dan memberondongkan tembakan yang menewaskan tujuh pelajar dan dua guru. Dua gerilyawan juga tewas, kata militer.

Sebuah pos pemeriksaan militer juga diserang dan pasukan terlibat dalam bentrokan selama lima jam dengan militan, yang mencederai tiga prajurit, kata Letnan Eli Lazarus, seorang juru bicara militer di negara bagian Yobe yang wilayahnya mencakup Damaturu. "Dua guru dan dua gerilyawan tewas selama serangan terpisah, sementara tujuh pelajar kehilangan nyawa mereka," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

Kekerasan Boko Haram diperkirakan telah menewaskan sekitar 3.600 orang sejak 2009, termasuk pembunuhan oleh pasukan keamanan. Kelompok itu menyatakan berperang untuk mendirikan sebuah negara Islam di Nigeria utara yang penduduknya mayoritas muslim.

Kekerasan meningkat di Nigeria sejak serangan-serangan menewaskan puluhan orang selama perayaan Natal 2011 yang diklaim oleh kelompok muslim garis keras Boko Haram. Kano, kota berpenduduk sekitar 10 juta orang di Nigeria utara, merupakan wilayah yang terpukul paling parah dalam kekerasan itu.

Rangkaian pemboman dan penembakan melanda Kano setelah sholat Jumat pada 20 Januari 2012, menewaskan 185 orang, dalam serangan-serangan yang diklaim oleh Boko Haram yang ditujukan pada markas polisi dan kantor-kantor polisi lain, sebuah bangunan kepolisian dan kantor imigrasi. Serangan-serangan itu merupakan operasi paling mematikan oleh kelompok tersebut dan ditujukan terutama pada kantor polisi.

Boko Haram mengklaim puluhan serangan di Nigeria, termasuk pemboman bunuh diri pada Agustus di markas PBB di Abuja yang menewaskan sedikitnya 24 orang. Serangkaian serangan bom di kota Jos, Nigeria tengah, pada Malam Natal 2010 juga diklaim oleh Boko Haram.

Boko Haram meluncurkan aksi kekerasan pada 2009 yang ditumpas secara brutal oleh militer yang menewaskan sekitar 800 orang dan menghancurkan masjid serta markas mereka di kota Maiduguri, Nigeria timurlaut.

Kelompok itu tidak aktif selama sekitar satu tahun dan kemudian muncul lagi pada 2010 dengan serangkaian pembunuhan. Penduduk Nigeria yang berjumlah lebih dari 160 juta orang terpecah di wilayah utara yang sebagian besar Muslim dan wilayah selatan yang umumnya Kristen. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar