About

Information

Minggu, 02 Juni 2013

Serangan Tornado di Oklahoma, 5 Orang Tewas

Minggu, 02 Juni 2013 - 04:42:59 WIB
Serangan Tornado di Oklahoma, 5 Orang Tewas
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Oklahoma City) - Tornado menewaskan lima orang di Oklahoma tengah, Amerika Serikat, termasuk seorang ibu dan bayinya ketika mengancam Oklahoma City, dan daerah pinggirannya Moore rusak parah, sebelum topan itu menuju timur-laut, Sabtu (1/06).

Badan Cuaca Nasional mengatakan cuaca buruk mengancam daerah tetangga --Illinois dan Missouri, tempat Gubernur Jay Nixon mengumumkan keadaan darurat Jumat (31/05). Tornado datang hanya 11 hari setelah angin puyuh tingkat EF5, tingkat paling kuat, menghantam Moore dan menewaskan 24 orang.

Ibu dan bayinya tewas pada Jumat, ketika sedang dalam perjalanan di jalan raya Interstate 40, persis barat Oklahoma City, ketika kendaraan mereka dihantam topan, kata Betsy Randolph, Juru Bicara Patroli Jalan Raya Oklahoma dikutip Reuters.

Dua dari lima di Oklahoma itu tewas di Union City dan satu di El Reno daerah-daerah pedesaan barat Oklahoma City, kata Amy El liott, kata juru bicara Kantor CME (Chief Medical Exaniner). Ia tidak mengonfirmasikan di daerah mana korban tewas lainnya.

Lebih dari 40 orang dirawat akibat cedera berkaitan dengan topan itu-- termasuk lima orang berada dalam kondisi kritis, diantaranya seorang anak-anak, kata sistem rumah sakit Integris Health yang berpusat di Oklahoma

Para ahli cuaca sebelumnya mengumumkan keadaan darurat tornado untuk daerah metropolitan Oklahoma City, dan mereka memberlakukan peringatan tornado bagi Moore. Moore menimbulkan kerusakan terbatas dari kegiatan topan terbaru, kata seorang polisi yang dikirim ke kota itu.

Gubernur Oklahoma Mary Fallin mengemukakan kepada stasiun televisi CNN bahwa para pengendara mobil menghadapi bahaya yang besar apabila melintasi jalan raya bebas hambatan itu saat angin puyuh.

"Yang kami lihat ketika tornado menghantam Moore dan daerah-daerah lainnya pekan lalu adalah orang yang berada dalam mobil-mobil di jalan raya Interstate itu tewas," kata Fallin kepada CNN.

Tim Oram, ahli ilmu cuaca Badan Cuaca Nasional, mengatakan sulit untuk mengetahui secara pasti berapa banyak topan akan menyerang, tetapi tiga puting beliung dengan kemungkinan menimbulkan tornado bergerak melalui daerah tengah negara bagian itu.

Badan cuaca itu kemudian mencabut peringatan tornado bagi Oklahoma City dan daerah-daerah sekitarnya, sementara banjir bandang setelah topan itu membajiri daerah metropolitan itu-- tempat tinggal lebih dari 1,3 juta orang.Topan-topan juga menghantam Missouri, di mana Gubernur Jay Nixon mengumumkan keadaan darurat menjelang apa yang ia sebut beberapa hari hujan lebat.

Angin menjungkir balikan truk-truk semi-trailer di Interstate 40 antara St,Louis dn St.Charles County di barat, kata Brett Lord-Castillo, juru bicara Badan Manajemen Darurat St.Louis.

Hollywood Casino di Maryland Heights dikosongkan ketika atap-atapnya ambruk, kata Lord-Castillo . Tidak ada yang tewas atau cedera parah di daerah St.Louis. Pihak pengelola listrik Oklahoma Gas and Electric dan Ameren mengatakan 200.000 pelanggan tanpa aliran listrik di Oklahoma, Missouri dan Illinois, yang berada dalam peringatan tornado Kamis.

Pada Kamis, topan di Oklahoma dan Arkansas menewaskan setidaknya tiga orang, kata seorang juru bicara Arkansas Game and Glash Commission. Seorang pria juga tewas di Tull, Arkansas ketika setu pohon menimpa mobilnya, dan mayat seorang wanita ditemukan di air di Scott County, Jumat. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar