About

Information

Sabtu, 12 Januari 2013

Internasional, Sabtu 12 Januari 2013

Sabtu, 12 Januari 2013 - 12:00:15 WIB
Tertancap Besi Hingga Otak, Lelaki China Ini Selamat
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Wang Xin, seorang remaja 17 tahun di China sudah selayaknya bersyukur karena selamat dari sebuah kecelakaan yang mengerikan. Kepalanya tertancap besi yang masuk hingga otaknya.

Seperti dilansirkan Daily Mail pekan ini, petaka yang menimpa Wang Xin terjadi pada 05 Januari lalu. Saat itu dirinya tengah magang di sebuah pabrik di Qinghuangdao, provinsi Hebei, sebelah utara China.

Saat tengah asyik memulai pengalamannya sebagai pekerja, tiba-tiba dari atas jatuh batangan besi sepanjang 35 cm. Ujung besi itu yang runcing berada di posisi bawah. Alhasil, benda itu sukses menancap di kepala Wang.

Histeris, Wang lantas dilarikan ke rumah sakit. Dalam pemeriksaan sinar-X, ditemukan besi tersebut masuk ke kepala Wang hingga ke otak sepanjang 3 cm. 

Untuk mengangkat besi itu, tim dokter terlebih dulu harus memotong besi panjang tersebut. Lalu, mereka mengebor tengkorak Wang dan mencabut ujung runcing yang tertancap.

Wang berhasil selama dari insiden tersebut. Namun, dia masih harus menjalani perawatan untuk pemulihan. (K-5/el)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 12 Januari 2013 - 11:50:26 WIB
Gadis 7 Tahun Diperkosa Dan Dibunuh
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Kasus pemerkosaan sadis kembali menjadi pergunjingan di negara India. Hal ini karena di tengah kemarahan publik India akibat perkosaan dan penyiksaan seorang mahasiswi, kasus serupa kembali terjadi.

Kasus pemerkosaan yang disertai pembunuhan kali ini menimpa bocah perempuan berusia tujuh tahun di wilayah utara negara tersebut.

Diberitakan The United News of India, Sabtu (12/01), bocah malang itu diculik dan diserang oleh pemuda di desa Harpur, distrik Sonebhadra, negara bagian Uttar Pradesh pada Kamis lalu. Jasadnya ditemukan di wilayah Ghaziabad.

Bekas luka terdapat di sekujur tubuh gadis itu. Berdasarkan hasil otopsi, dia disiksa dan diperkosa sebelum akhirnya dibunuh.

Pelaku telah ditangkap dan akan dijerat pasal perkosaan dan pembunuhan. Akibat kasus ini, sempat terjadi protes massa di desa itu. Polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan mereka.

Ironisnya, penemuan mayat bocah ini terjadi selang beberapa jam setelah Komisaris PBB untuk Wanita MIchelle Bachelet menyerukan hukuman berat bagi para pelaku perkosaan.

""Mereka harus dihukum, karena ini menyangkut nyawa perempuan," kata mantan presiden Chili itu.

Isu perkosaan memang tengah panas di India, menyusul tewasnya korban yang berusia 23 tahun dalam perawatan di Singapura. Enam orang tersangka saat ini tengah diadili, dan terancam hukuman mati. Seorang tersangka diadili terpisah karena baru berusia 17 tahun.

Kasus yang terjadi pada 16 Desember ini memicu protes besar-besaran di India. Protes sempat berakhir rusuh dan seorang polisi tewas. (K-5/el)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 12 Januari 2013 - 10:27:33 WIB
Penjinak Bom Spanyol Tewas di Afghanistan
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Madrid) - Seorang ahli penjinak bom Spanyol tewas Jumat dalam ledakan di Afghanistan, demikian diumumkan Kementerian Pertahanan Spanyol.

Sersan David Fernandez (35) tewas dalam ledakan bom rakitan ketika sedang melakukan misi pengintaian, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

Bom itu ditemukan di sebuah jalan yang menghubungkan daerah-daerah Qala-i-Naw dan Darra-i-Bun di provinsi Badghis, Afghanistan baratlaut.

Deputi Perdana Menteri Spanyol Soraya Saenz de Santamaria menyampaikan terima kasih kepada "semua anggota angkatan bersenjata atas pekerjaan mereka bagi perdamaian dan stabilitas di dunia", pada jumpa pers setelah pertemuan kabinet mingguan.

Spanyol kehilangan 100 prajurit di Afghanistan sejak menempatkan pasukan di negara itu pada 2002. Jumlah prajurit Spanyol yang bertugas di Afghanistan sebagai bagian dari Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO kini mencapai sekitar 1.400.

Seluruh pasukan tempur NATO akan meninggalkan negara itu pada akhir 2014. NATO bertujuan melatih 350.000 prajurit dan polisi Afghanistan pada akhir 2014 untuk menjamin stabilitas di negara itu, namun tantangan-tantangan tetap menghadang dalam proses peralihan itu.

Desersi, penugasan yang buruk dan semangat rendah termasuk diantara masalah utama yang menyulitkan para komandan NATO dan Afghanistan. Serangan "orang dalam" oleh aparat keamanan Afghanistan terhadap rekan dan mentor NATO mereka telah menewaskan lebih dari 60 prajurit asing tahun ini, yang secara serius merongrong kepercayaan antara kedua pasukan tersebut.

Presiden Hamid Karzai dan negara-negara Barat pendukungnya telah sepakat bahwa semua pasukan tempur asing akan kembali ke negara mereka pada akhir 2014, namun Barat berjanji memberikan dukungan yang berlanjut setelah masa itu dalam bentuk dana dan pelatihan bagi pasukan keamanan Afghanistan.

Pada Oktober 2011, Taliban berjanji akan berperang sampai semua pasukan asing meninggalkan Afghanistan. Gerilyawan meningkatkan serangan terhadap aparat keamanan dan juga pembunuhan terhadap politikus, termasuk yang menewaskan Ahmed Wali Karzai, adik Presiden Hamid Karzai, di Kandahar pada Juli 2011 dan utusan perdamaian Burhanuddin Rabbani di Kabul bulan September 2011.

Konflik meningkat di Afghanistan dengan jumlah kematian sipil dan militer mencapai tingkat tertinggi tahun lalu ketika kekerasan yang dikobarkan Taliban meluas dari wilayah tradisional di selatan dan timur ke daerah-daerah barat dan utara yang dulu stabil. Jumlah warga sipil yang tewas meningkat secara tetap dalam lima tahun terakhir, dan pada 2011 jumlah kematian sipil mencapai 3.021, menurut data PBB.

Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, mengobarkan pemberontakan sejak digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh invasi pimpinan AS pada 2001 karena menolak menyerahkan pemimpin Al Qaida Osama bin Laden, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan di wilayah Amerika yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada 11 September 2001.

Sekitar 130.000 personel Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO yang berasal dari puluhan negara dikirim ke Afghanistan untuk membantu pemerintah Kabul memerangi pemberontakan Taliban dan sekutunya.

Gerilyawan Taliban sangat bergantung pada penggunaan bom pinggir jalan dan serangan bunuh diri untuk melawan pemerintah Afghanistan dan pasukan asing yang ditempatkan di negara tersebut. Bom rakitan yang dikenal sebagai IED (peledak improvisasi) mengakibatkan 70-80 persen korban di pihak pasukan asing di Afghanistan, menurut militer. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 12 Januari 2013 - 08:12:39 WIB
Kamp Pekerja Bahrain Terbakar, 13 Orang Tewas 
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Dubai) - Setidaknya 13 orang tewas dalam kebakaran yang terjadi di kamp pekerja di Ibukota Bahrain Manama.

Keterangan dari Departemen Pertahanan Sipil menyebutkan, ratusan ribu pekerja asing, terutama dari benua Asia, bekerja di kerajaan pulau yang merupakan salah satu dari enam penghasil minyak Teluk Arab dan menyatakan bergantung pada tenaga kerja asing.

Kantor Berita Bahrain mengutip pejabat Kepala Pertahanan Sipil mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah menemukan 13 mayat orang di dalam gedung berlantai tiga.

"Salah satu petugas pemadam kebakaran terluka dan beberapa orang berhasil diselamatkan dari kebakaran yang terjadi pada Jumat (11/01) sore," katanya.

Sebuah penyelidikan penyebab kebakaran itu kini telah mulai dilakukan. (K-2/yan)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 12 Januari 2013 - 03:10:28 WIB
Tentara Israel Tembak Mati Warga Palestina
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Kota Gaza) - Tembakan pasukan Israel menembak mati satu warga Palestina dan mencederai seorang di Jalur Gaza bagian utara, Jumat (11/1) kata seorang juru bicara badan pelayanan darurat di wilayah itu.

Kedua orang itu, satu diantaranya petani berusia 20 tahun, terkena tembakan di sebelah timur Jabaliya dekat perbatasan Israel, kata Ashraf al-Qudra, lapor AFP. Militer Israel menolak memberikan pernyataan segera mengenai insiden itu.

Korban tewas Jumat itu merupakan warga Palestina kedua yang dibunuh oleh pasukan Israel sejak gencatan senjata 21 November antara negara Yahudi tersebut dan kelompok pejuang garis keras Hamas mengakhiri perang delapan hari antara kedua pihak.

Israel melarang warga Gaza mendekati pagar perbatasan karena mereka khawatir gerilyawan akan menyerang pasukan patroli perbatasan atau menembak petani Israel yang bekerja di ladang-ladang di dekat perbatasan tersebut.

Pasukan Israel menembak warga Gaza di dekat perbatasan sedikitnya 10 kali sejak akhir ofensif delapan hari pada November. Sekitar 30 orang cedera akibat insiden-insiden itu, kata para pejabat Gaza.

Israel dan kelompok pejuang Hamas yang menguasai Jalur Gaza terlibat dalam perang delapan hari pada November yang menewaskan 177 orang Palestina, termasuk lebih dari 100 warga sipil, serta enam orang Israel -- empat warga sipil dan dua prajurit.

Kekerasan itu meletus pada 14 November, dengan pembunuhan komandan militer Hamas Ahmed Jaabari oleh Israel. Selama operasi delapan hari itu, militer Israel menyatakan telah menghantam lebih dari 1.500 sasaran, sementara pejuang Gaza menembakkan 1.354 roket ke Israel, 421 diantaranya disergap oleh sistem anti-rudal Iron Dome.

Perjanjian gencatan senjata Hamas-Israel dicapai Rabu (21/11), sehari setelah diplomasi bolak-balik yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary dan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon -- yang tercoreng oleh kekerasan lintas batas yang semakin mematikan antara Israel dan para pejuang di Gaza.

Menteri Luar Negeri Mesir Mohammed Kamel Amr, yang berbicara pada jumpa pers bersama Hillary, mengatakan di Kairo, penghentian permusuhan Hamas-Israel mulai berlaku pada Rabu pukul 19.00 GMT (Kamis pukul 02.00 WIB).

Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari. Sejak itu wilayah pesisir miskin tersebut dibloklade oleh Israel. Palestina pun menjadi dua wilayah kesatuan terpisah -- Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang berada di bawah pemerintahan Abbas. 

Kini kedua kubu tersebut telah melakukan rekonsiliasi. Uni Eropa, Israel dan AS memasukkan Hamas ke dalam daftar organisasi teroris. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 12 Januari 2013 - 02:03:07 WIB
Napi Mencoba Kabur dengan Masuk ke Koper
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Kota Meksiko) - Kecerdikan narapidana asal Meksiko yang ingin melarikan diri ini patut diacungi jempol. Setelah menjalani empat tahun dari hukuman 20 tahun penjara, terpidana Juan Ramirez Tijerina, memutuskan untuk melarikan diri.

Dibantu pasangannya, Maria del Carmen Arjona Rivero, yang kala itu sedang berkunjung, napi ini dimasukkan ke koper dan siap kabur dari penjara Chetumal, Meksiko.

Usaha Ramirez ini gagal setelah sipir penjara memperhatikan Arjona yang keluar penjara dan terlihat canggung. Sipir penjara semakin curiga melihat Arjona membawa koper yang padat berisi dengan retsleting koper tidak terutup sempurna. 

Ramirez ditemukan berada dalam koper ini. Ramirez pun kembali ke balik jeruji tahanan dan Arjona akhirnya turut ditahan setelah peristiwa itu. "Ini adalah kejadian langka," ujar juru bicara penjara seperti dilaporkan People.

"Biasanya, para napi menggali lorong, mencoba melompati pagar penjara, atau mengambil keuntungan dengan kabur pada saat terjadi keributan di penjara," kata juru bicara penjara itu. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 12 Januari 2013 - 02:00:32 WIB
Uni Eropa Bentuk Organisasi Lawan Cybercrime
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Den Haag) - Erupean Cybercrime Center (EC3), yang diluncurkan di markas Europol di Den Haag, Belanda, Jumat (11/1) akan menjadi tahap penting dalam perang Uni Eropa melawan kejahatan di dunia maya, dan melindungi warga serta pengusaha dari ancaman kejahatan dunia maya.

"Warganegara dan pengusaha Uni Eropa memerlukan ruang maya yang terbuka, bebas dan transparan jadi kami perlu melindungi dunia daring persis seperti yang kami lakukan di dunia luring (luar jaringan)," kata Troels Oerting, Kepala EC3, di dalam satu pernyataan.

"EC3 akan menjadi alat yang berharga bagi Uni Eropa dan negara anggotanya untuk membantu mengkoordinasikan dan mendukung upaya yang memelihara keamanan jaringan dari penjahat," ia menambahkan.

Menurut studi Eurobarometer baru-baru ini, pengguna Internet Uni Eropa tetap prihatin dengan keamanan dunia maya, demikian laporan Xinhua. Sebanyak 89 persen dari mereka menghindari pengungkapan informasi pribadi di daring dan 74 persen sepakat bahwa resiko menjadi korban kejahatan dunia maya telah meningkat dalam satu tahun belakangan.

Sebanyak satu juta orang di seluruh dunia menjadi korban suatu bentuk kejahatan dunia maya setiap hari. Norton Cybercrime Report (2011) memperkirakan korban kejahatan dunia maya kehilangan sebanyak 388 miliar dolar AS setiap tahun di seluruh dunia.

EC3 akan memusatkan perhatian pada kegiatan daring yang tidak sah dan dilakukan oleh kelompok penjahat terorganisir, terutama serangan yang ditujukan kepada e-banking dan kegiatan lain keuangan daring.

Pembukaan EC3 menandai perubahan penting dari cara Uni Eropa sejauh ini telah menangani kejahatan dunia maya. Untuk mewujudkan sasarannya, EC3 akan menggabungkan informasi dari sumber terbuka, industri swasta, polisi dan sivitas akademika. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ular Merayap di Pesawat, Gemparkan Penumpang
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Sydney) - Beberapa penumpang satu pesawat Australia ke Papua Nugini sangat terkejut sewaktu mereka melihat ke luar melalui jendela kabin ular sangat besar berada di sayap pesawat.

Ular panca tak berbisa Amethystine, dengan panjang tiga meter, itu muncul sekitar satu jam setelah pesawat Qantas mengudara antara Cairns di Queensland utara dan Ibu Kota Papua Nugini, Port Moresby, Kamis (10/1).

"Separuh jalan ke Papua Nugini, para penumpang melaporkan bahwa mereka melihat ular melingkar di sayap," kata juru bicara Qantas mengenai ular tersebut yang juga dikenal sebagai sanca semak dan dapat tumbuh sampai 8,5 meter.

Seorang anggota awak kemudian memberitahu ke media Australia. Reaksi awal ketika kehadiran ular sanca tersebut pertama kali diketahui ialah "bercanda kamu, ah!", demikian laporan Reuters yang dipantau wartawan di Jakarta, Jumat (11/01).

Penumpang gelap yang selalu merayap itu diduga telah "memanjat" pesawat tersebut dari semak atau pohon mangrove yang mengelilingi bandar udara di daerah tropis Cairns.

Qantas menyatakan tak ada dampak pada keselamatan operasi pesawat itu akibat kehadiran ular tersebut. Pesawat Bombardier Q400 dinyatakan aman untuk melanjutkan penerbangan setelah pesawat itu mendarat di Port Moresby.

Sayangnya, ular itu tidak ditemukan saat pesawat mendarat, demikian keterangan Qantas. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar