About

Information

Minggu, 24 Maret 2013

23 Maret, Peringatan Earth Hour

Sabtu, 23 Maret 2013 - 12:18:52 WIB
23 Maret, Peringatan Earth Hour
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Gaya Hidup 


Komhukum (Jakarta) - Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Salah satu cara untuk menghambat percepatan sumbernya adalah dengan mengajak setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. 

Hal ini karena ketergantungan manusia kepada listrik dari masa ke masa semakin meningkat. Sementara, pembangkit listrik mayoritas berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang mengeluarkan gas rumah kaca (GRK) berupa karbon dioksida (CO2), dan TERBUKTI berakibat langsung terhadap kenaikan dramatis suhu rata-rata Bumi. 

Sebagai negara berkembang yang banyak bergantung pada potensi sumber daya alam dan membutuhkan listrik untuk mendukung pembangunan, Indonesia harus menjaga kebutuhan ekstraksi alamnya agar tidak berkontribusi besar menjadi salah satu pengemisi terbesar di dunia, dan tetap dapat melanjutkan upaya memenuhi kebutuhan penduduk yang makin besar setiap tahun, termasuk dari sisi energi. 

Diperlukan suatu kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi melakukan aksi kecil yang dapat membawa perubahan besar.

Salah satu kegiatan adalah berpartisipasi pada Earth Hour salah satu kampanye WWF (World Wildlife Fund), organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Earth Hour berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. 

Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik. 

Banyak lembaga sosial dan swasta yang peduli akan Earth Hour 2013, kenapa kita sebagai individual tidak ikut serta? Caranya sangat mudah lho. Cukup dengan mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu di rumah Anda pada hari Sabtu, 23 Maret 2013, mulai pukul 20:30 WIB s.d. 21:30 WIB.

Bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya dengan berpartisipasi di Earth Hour saja, tetapi harus terus dibuktikan setiap hari, dan diikuti dengan mengubah gaya hidup ramah lingkungan lainnya, seperti: hemat air ketika kita sikat gigi, mandi, menyiram tanaman, cuci perlengkapan makan - minum; membeli produk makanan lokal; menghabiskan makanan dan minuman yang diambil; menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, menanam pohon, dan lain-lain. 

Selamat berpartisipasi dan ingat akan satu hal: walaupun kecil namun besar pengaruhnya bagi kelangsungan bumi kita. (K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar