About

Information

Kamis, 14 Maret 2013

BIN: Kapabilitas Agus Martowardojo Memadai

Kamis, 14 Maret 2013 - 00:38:34 WIB
BIN: Kapabilitas Agus Martowardojo Memadai
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Perbankan 


Komhukum (Jakarta) - Kapabilitas Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia dinilai memadai oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

"Kalau lihat dari profesional, BIN mengatakan Agus memadai, bahkan prima dari segi kapabilitasnya," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) tertutup dengan BIN di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/03).

Namun, lanjut Harry, dari segi akseptibilitas, BIN masih mempertanyakan khususnya ketika Agus masih menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. "Ketika Pak Agus menjadi Dirut Mandiri, ada isu di organisasi buruh yang belum selesai," ujar Harry.

Selain itu, selama Agus menjadi Menteri Keuangan, penerimaan pajak tidak mencapai target yang direncanakan. "Penerimaan pajak itu kan faktor Menkeu, itu faktornya sangat menentukan. Apakah itu tanggung jawab di Dirjen Pajak, pegawai khusus eselon II di bawah Dirjen Pajak itu kan wewenang Menkeu," katanya.

Harry menambahkan, memang tadi target penerimaan pajak yang lebih ditekankan saat rapat dengan BIN. "Hal itu ditekankan agar ketika memegang posisi Gubernur BI beliau juga bisa memenuhi target BI," ujarnya.

BIN juga menilai sosok Agus sebagai sosok pekerja keras namun juga emosional. "Memang Agus pekerja keras, tapi kepribadiannya agak melonjak emosionalnya. Tapi tadi ada yang bela anggota Komisi XI, kepada pegawai yang tidak benar boleh tegas, tapi kalau benar itu tidak pantas," kata Harry.

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Gubernur BI akan dilaksanakan pada 25 Maret 2013 dan akan diputuskan sehari setelahnya. Menjelang fit and proper test, Komisi XI DPR berencana akan menggelar rapat juga dengan BIN, BPK, KPK, Perbanas, Himbara dan sejumlah pengamat ekonomi. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar