About

Information

Rabu, 13 Maret 2013

BNN Amankan 61 Kapsul Shabu Dari Dalam Perut WNI

Rabu, 13 Maret 2013 - 17:13:17 WIB
BNN Amankan 61 Kapsul Shabu Dari Dalam Perut WNI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Jakarta) - Sebanyak 61 kapsul berisi narkotika jenis shabu dengan berat total sebesar  533,8 gram berhasil diamankan oleh Badan Narkotika Nasional dari dua orang wanita yang berinisial MM dan WW.

"Selama 4 hari mereka menelan kapsul tersebut,  MM menelan 31 kapsul dan WW 30 kapsul dengan berat total sebesar  533,8 gram shabu," ujar Irjen Pol Benny Joshua Mamoto, Deputi Pemberantasan BNN di kantor BNN, Jl. MT. Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (13/03).

Benny menjelaskan terkait kronologis penangkapan kedua tersangka serta beberapa tersangka lainnya. Dikatakan Benny, awalnya pada tanggal 24 Februari 2013, dua wanita berinisial MM dan WW berangkat menuju Selangor-Malaysia, atas perintah seorang berinisial MA.

"Setibanya di Malaysia, MM dan WW bertemu dengan seseorang berinisial JO (WNA Nigeria, red) yang memerintahkan untuk mengambil barang berupa shabu," tutur Benny.

Setelah itu pada tanggal 1 maret 2013, WW tiba di bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. WW kemudian bertemu dengan seorang pria berisial RA di sebuah hotel.

RA bertugas mengambil paspor MM dan WW. Setelah paspor diserahkan WW kemudian kembali take off menuju Jakarta dan tiba di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat.

Di hotel tersebut WW berhasil mengeluarkan 28 kapsul berisi shabu yang ditelannya pada pukul 02.00 WIB. Namun WW berhasil diamankan oleh BNN dan sisa dua butir kapsul yang masih berada diperutnya berhasil dikeluarkan pada pukul 05.00 WIB.

Benny melanjutkan pada tanggal 2 Maret 2013 MM baru berangkat menuju Jakarta dari bandara Adi sucipto. Selanjutnya pelaku menuju hotel di bilangan Jakarta Pusat dan diamankan oleh BNN.

Usai mengamankan kedua tersangka petugas berhasil mengamankan RA di Bandara Adi Sucipto, dari keterangan RA petugas pun berhasil mengamankan MA di sebuah hotel di Surabaya.

"Dari tangan MA kita berhasil amankan 17 paspor atas nama orang lain yang ada didirinya, saat mengamankan MA kita juga berhasil mengamankan pria berisial HA yang merupakan adik dari RA," lanjut Benny.

Menurut keterangan pihak BNN, modus menelan kapsul berisi narkoba memang merupakan modus lama. Namun  yang membuat ini baru adalah karena kali ini dilakukan oleh warga negara Indonesia, bukan oleh warga negara asing seperti yang biasa terjadi selama ini.

Benny mengatakan, karena tersangka merupakan WNI, petugas sempat tidak manaruh curiga bahwa orang tersebut menyembunyikan kapsul berisi shabu di dalam perutnya.

Beruntung pada saat yang sama petugas sudah memiliki data-data penyelidikan sebelumnya terkait dengan upaya penyelundupan tersebut.

"Memang tidak ada kecurigaan. Tapi kita sudah punya data awal yang mengarah kepada tersangka. Karena itu, begitu tersangka sampai di bandara langsung kita cocokan dengan data yang kita punya dan kita amankan," pungkas Benny. (K-2/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar