About

Information

Senin, 18 Maret 2013

Gerilyawan Sayap Kiri Culik Polisi Filipina

Senin, 18 Maret 2013 - 12:15:27 WIB
Gerilyawan Sayap Kiri Culik Polisi Filipina
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Davao) - Pemberontak sayap-kiri telah melancarkan aksi baru di Filipina selatan, dengan menculik seorang polisi. Mereka juga meledakkan satu bom rakitan sehingga melukai beberapa orang pada hari Senin (18/03).

Menurut keterangan pihak polisi, aksi paling akhir Tentara Rakyat Baru (NPA) tersebut dilakukan sekitar pukul 06.00 waktu setempat. "Pemberontak itu menangkap seorang polisi di satu penghalang jalan di Desa Mainit, Kota Kecil Nabunturan, Lembah Compostela di Mindanao," kata Camilo Cascola, Kepala Polisi Provinsi tersebut.

Cascolan mengatakan Opsir Polisi Ruben Nojapa, anggota Kepolisian Nabunturan, dihentikan oleh beberapa pemberontak NPA di satu pos pemeriksaan di jalan desa dan dibawa ke tempat yang tak diketahui.

Setelah melakukan penculikan, gerilyawan sayap kiri itu melarikan diri dengan menggunakan truk menuju Kotapraja Mawab, yang berdekatan. Para anggota NPA diduga juga telah meledakkan satu ranjau darat di Desa Cabidianan, tiga kilometer dari ibukota provinsi tersebut. Peledakan itu diduga sebagai taktik pengalih perhatian terhadap pasukan pemerintah yang mengejar mereka.

Cascolan mengatakan beberapa orang dilaporkan telah cedera akibat ledakan itu.

NPA adalah sayap militer Partai Komunis Filipina dengan 4.000 anggota, melancarkan pemberontakan sayap kiri di 60 provinsi Filipina sejak tahun 1969. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar