About

Information

Senin, 18 Maret 2013

Gurih Manis Pedas, Pantiaw Berkuah Kaldu Ikan

Sabtu, 16 Maret 2013 - 15:43:25 WIB
Gurih Manis Pedas, Pantiaw Berkuah Kaldu Ikan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Kuliner


Komhukum (Bangka) - Pernah dengar kuliner pantiaw? Saya pun asing dengan hidangan tersebut. Saat singgah di Pulau Bangka, barulah saya mengerti apa itu pantiaw dan ternyata enak banget!

Pantiaw merupakan hidangan sederhana yang biasa disajikan sebagai sarapan maupun untuk cemilan/snack. Hidangan lezat ini merupakan warisan kuliner budaya oriental dan melayu. Berwujud mie basah (seperti kwetiaw di Pulau Jawa) yang dibubuhi bumbu basah dan diguyur kuah kaldu ikan.

Namun, demikian pantiaw Bangka rupanya ada dua jenis, yakni pantiaw gandum (menyerupai mie kuning basah) dan pantiaw beras (menyerupai kwetiaw mentah). Walaupun berbeda bahan dan wujud, kedua jenis pantiaw ini memiliki kesamaan dalam hal penyajiannya.

Dimulai dengan menyusun pantiaw basah di dalam mangkuk lalu bubuhi dengan bumbu ikan. Bumbu ikan di sini maksudnya bumbu olahan basah yang terbuat dari tumisan ikan dan rempah-rempah. Sesudahnya, pantiaw ini diguyur dengan kuah kaldu ikan mendidih.

Kaldunya pun juga terbuat dari rebusan ikan tenggiri bersama campuran beberapa rempah-rempah. Citarasa kuah kaldunya adalah gurih manis pedas. Makin segar bahan ikan yang digunakan sebagai bumbu dan rebusan kuah, makin sedap rasa pantiaw Bangka ini. Jangan lupa tambahkan bawang goreng sebagai taburannya.

Mencari pantiaw ini juga tidak sulit. Bila anda berkunjung ke Pulau Bangka, carilah hidangan pantiaw ini di daerah Kecamatan Belinyu. Mau beli pantiaw mentahnya saja ada, mau bersantap pantiaw yang sudah diseduh pun juga sama nikmatnya. Sayangnya pantiaw ini agak susah dibawa sebagai oleh-oleh, karena bumbunya terbuat tanpa pengawet dan harus diolah atau disantap di hari yang sama.

Seporsi pantiaw matang biasanya dihargai sekitar Rp. 2.000-5.000 (tergantung jumlah isinya). Kalau anda mau beli pantiaw mentahnya saja, harga jualnya sekitar Rp. 20.000 per kilogramnya. Manapun yang anda pilih, pokoknya pantiaw Bangka nikmat disantap, apalagi pas cuaca dingin. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar