About

Information

Kamis, 14 Maret 2013

KLB Partai Demokrat Untuk Ketum Tanpa Voting

Kamis, 14 Maret 2013 - 19:24:10 WIB
KLB Partai Demokrat Untuk Ketum Tanpa Voting 
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat yang akan dilakukan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) akan dilangsungkan melalui mufakat dan direncanakan tidak menggunakan mekanisme voting.

"Jadi 'framenya' demikian, DPD dan DPC musyawarah untuk mufakat dan mendukung apa yang diarahkan oleh majelis tinggi," kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Kamis (14/03), sebelum mengikuti rapat kabinet dalam kapasitasnya sebagai Menteri ESDM.

Ia mengatakan bentuk demokrasi dapat beranekaragam tidak hanya melalui mekanisme voting namun musyawarah untuk mencapai kesepakatan juga merupakan bentuk demokrasi.

"Jadi semua sepakat dan tidak ada beda pandangan. Yang penting sebelum 9 April sudah punya Ketua Umum baru, DPD berdasarkan rapat terakhir kemarin sepakat akan musyawarah dan mufakat," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarifuddin Hassan mengenai mekanisme musyawarah yang akan ditempuh dalam KLB yang direncanakan di Bali pada akhir Maret 2013.

"Aklamasi bagian dari demokrasi, aklamasi itu proses yang paling bagus, voting kan alternatif terakhir," katanya.

Ia menambahkan, "Di Undang-Undang Dasar 1945 permusyawaratan dan mufakat, merupakan azas dari demokrasi Indonesia." Syarif Hassan mengatakan mengenai aspirasi dari DPD dan DPC, semua pihak sudah menyatakan loyalitas pada Ketua Majelis Tinggi Partai. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar