About

Information

Minggu, 24 Maret 2013

Kopi Campur Durian, Duet Nikmat dari Lampung

Sabtu, 23 Maret 2013 - 20:06:43 WIB
Kopi Campur Durian, Duet Nikmat dari Lampung
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Kuliner 


Komhukum (Bandarlampung) - Bicara mengenai persamaan antara kopi dan durian, jawabannya pasti Provinsi Lampung. Lho kok bisa begitu? Maklum saja, Provinsi Lampung terkenal dengan beberapa macam komoditasnya antara lain kopi dan buah durian. 

Bicara tentang kopi, paling terkenal kopi luwak tentunya. Lain hal bicara tentang durian, wilayah Kalianda yang terkenal. Lalu bagaimana ceritanya dengan minum kopi yang dicampur buah durian? Yang tidak tahu pasti pada bilang: Mabuk!

Minum kopi durian (kopi dicampur buah durian) bukanlah hal baru di Lampung, malahan sudah menjadi tradisi. Beberapa tahun belakangan ini saja yang booming menjadi trend. Bahkan saat ini sudah ada kopi durian Lampung yang dijual dalam bentuk tiga macam kemasan yang ditawarkan, yaitu ukuran 100 gram seharga Rp. 15.000, 250 gram Rp. 30.000, dan sachet kecil 15 gram Rp 3.000.

Adalah masyarakat Lampung Barat yang mengklaim sebagai penggagas kopi durian ini. Bagi mereka, minum kopi campur buah durian akan memberikan khasiat yang berguna bagi tubuh. Dibalik citarasanya yang khas, kopi durian ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh saat udara dingin dan untuk menjaga stamina. 

Makin kental campuran kopi dan buah duriannya, makin nendang rasa dan khasiatnya. Karena, durian adalah buah musiman, otomatis menjadikan kopi durian ini minuman yang musiman juga. Pada dasarnya semua jenis kopi bisa dibuat menjadi kopi durian kok, apakah itu jenis robusta atau Arabica, bahkan kopi luwak sekalipun. 

Cukup seduh kopi dengan air panas seperti biasa, campurkan gula secukupnya dan beberapa biji buah durian, biarkan sebentar dan aduk…jadi deh yang namanya kopi durian. Tapi secukupnya saja meminum hidangan kopi ini, karena kandungan kafein dalam kopi dan alkohol dalam durian bisa memabukkan kalau dikonsumsi berlebihan. Nikmati saja, namun jangan kebanyakan.  (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar