About

Information

Kamis, 07 Maret 2013

Megahnya Mercusuar di Pulau Lengkuas

Kamis, 07 Maret 2013 - 12:05:49 WIB
Megahnya Mercusuar di Pulau Lengkuas
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 



Komhukum (Jakarta) - Walaupun bernama Pulau Lengkuas, bukan berarti di pulau ini terdapat perkebunan lengkuas. Pulau ini merupakan salah satu dari 50-an pulau berpenghuni yang masuk dalam wilayah Provinsi Bangka Belitung (Babel). Sekedar informasi saja, setidaknya dalam provinsi Babel ini terdapat sekitar 470 pulau dan hanya 50 pulau saja yang berpenghuni.

Negeri Laskar Pelangi adalah nama lain dari Provinsi Babel. Pulau Lengkuas yang terletak di dalam wilayah administratif  Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini mempunyai sebuah landmark yang dibangun oleh bangsa Belanda pada tahun 1882, yakni sebuah mercusuar.

Sampai saat ini, mercusuar ini masih berfungsi sebagai rambu navigasi lalu lintas laut di seputaran Pulau Lengkuas. Dan mercusuar Pulau Lengkuas juga menjadi ikon pariwisata Provinsi Babel. Wah...kenapa bisa begitu.

Bayangkan sebuah pulau kecil yang di tengahnya berdiri mercusuar dan sekelilingnya kontras dengan pantai berpasir putih, gugusan batu granit, dan air laut berwarna kehijauan. Karena indahnya, banyak wisatawan datang ke sini juga untuk mengabadikan panorama indah ini melalui lensa kamera.

Di Pulau Lengkuas tidak terdapat resort maupun penginapan. Namun bagi wisatawan yang penasaran untuk menginap di pulau kecil ini bisa membawa tenda untuk camping. Sebelum anda mendirikan tenda, harap minta izin dulu ke penjaga mercusuar ya. Tapi bagaimana cara menuju ke Pulau Lengkuas ya?
 
Para wisatawan bisa berangkat dengan menyewa boat dari Tanjung Binga. Lama perjalanannya sekitar 30 menit s/d 45 menit ( tergantung cuaca juga) dan ongkos sewa 1 boat ada di kisaran Rp 400.000an. Jadi supaya hemat juga, ada baiknya pergi ke Pulau Lengkuas ramai-ramai supaya bisa patungan sewa boat.(K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar