About

Information

Minggu, 24 Maret 2013

Menara Siger Kebanggaan Masyarakat Lampung

Minggu, 24 Maret 2013 - 05:18:01 WIB
Menara Siger Kebanggaan Masyarakat Lampung
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Bandarlampung) - Bagi para pelancong yang suka bepergian melalui jalur laut, khususnya yang menggunakan kapal ferry roro dari Pelabuhan Merak (Provinsi Banten) menuju Pelabuhan Bakauheni (Provinsi Lampung) mungkin masih penasaran dengan bangunan megah berbentuk mahkota dengan warna dominan kuning keemasan yang berdiri megah di sisi barat pelabuhan. 

Bangunan yang berdiri di atas bukit batu gamping setinggi 110 meter di atas permukaan laut dan bertuliskan “LAMPUNG” berukuran besar ini adalah pintu gerbangnya Pulau Sumatera. Selamat datang di Menara Siger, titik nol dari sisi paling selatan Pulau Sumatera.

Bangunan yang diresmikan pembukaannya pada tahun 2008 ini merupakan landmarknya Provinsi Lampung, sekaligus merupakan moment awal akan dibangunnya jembatan penghubung Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Jawa.

Menara Siger dibangun dengan arsitektur berciri khas Lampung dan di sekitarnya dibangun ruangan yang berisi informasi segala sesuatu tentang Provinsi lampung. Adapun berbagai sarana-prasarana pariwisata dari provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini juga diinformasikan di tempat ini.

Sebagai tugu di ujung Pulau Sumatera, Sesuai informasi di atas, di Menara Siger ini juga dibangun monument Titik Nol Pulau Sumatera dengan jam matahari berdiameter 5 meter sebagai pelengkapnya. Karena letaknya yang berdekatan dengan Pelabuhan Bakauheni, di tempat ini juga tersedia ruangan bagi para wisatawan untuk memandang kea rah pelabuhan. Juga tersedia teropong khusus untuk mengobservasi daerah sekitar pelabuhan.
 
Malahan kalau cuaca cerah, melalui teropong ini kita juga bisa melihat Pelabuhan Merak dengan jelas. Menara Siger sendiri mulai dibangun sejak tahun 2005 lalu dengan total biaya pembangunan mencapai sekitar Rp 15 Milyar. Terlepas dari posisinya sebagai simbol Provinsi Lampung, Menara Siger merupakan ikon kebanggaan masyarakat Lampung khususnya dalam menyambut pendatang di Pulau Sumatera. Jadi saat kita mampir ke Pelabuhan Bakauheni, mampir juga ke Menara Siger ya. (K-4/IYo)

0 komentar:

Posting Komentar